Share

AirAsia Ekspansi ke RI, Lion Air 'Jajah' Malaysia

Ade Hapsari Lestarini , Okezone · Selasa 11 September 2012 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 11 213 688219 DPhbh6mY0x.jpg Lion Air. (Foto: Johan Sompotan/Okezone)
A A A

KUALA LUMPUR - Maskapai penerbangan asal Indonesia Lion Air akan membentuk maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier) di Malaysia.

Rencananya, maskapai yang dibentuk dengan Malaysia ini akan terbang perdana pada Mei 2013 sebagai bagian dari ekspansi regional dua perusahaan yang cukup agresif.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dilansir dari Straits Times, Selasa (11/9/2012), setidaknya langkah Lion Air ini akan "menjadi ancaman" bagi perusahaan penerbangan asal Malaysia, AirAsia Berhard, yang sudah lebih dulu bermain di pasar low cost carrier.

Ekspansi yang dilakukan oleh Lion Air tersebut mengikuti aksi akuisisi yang dilakukan AirAsia ke Batavia Air baru-baru ini, yang diharapkan bisa menyerap pasar Indonesia yang mempunyai 230 juta penduduk tersebut.

Adapun perusahaan yang menguasai pangsa pasar wisata di Indonesia ini akan memiliki 49 persen saham maskapai penerbangan baru yang diberi nama Malindo Airways. Serta sebanyak 51 persen dimiliki Malaysia National Aerospace and Defence Industries.

Presiden Direktur Lion Air Rusdi Kirana mengatakan bahwa Malindo Airways akan mulai terbang di antara kedua negara dengan memakai 12 pesawat Boeing 737 pada Mei 2013 mendatang sebelum berekspansi secara luas di kota-kota di Asia Tenggara.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini