Share
Ichsan

Mewakafkan Keikhlasan Demi Kesantunan Politik Negeri Garuda

Selasa 15 Juli 2014 10:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 07 15 58 1012876 5uJaCPHnlZ.jpg
A A A

Sebagai Negara berkembang, Indonesia menjadi Negara terbesar di Asia serta berpenduduk 5 besar di tingkat Dunia. Jumlah masyarakat Indonesia yang sangat besar, didorongnya pertumbuhan ekonomi dan pendidikan yang belum berimbang, menjadikan kualitas masyarakat Indonesia tentu tidak sempurna dalam melihat dan menilai sesuatu secara edukasi.

Perkembangan global yang menekan Indonesia dari segi ekonomi dipandang, memaksa Indonesia harus siap bersaing tanpa persiapan dengan skala yang sangat besar. Hal ini tentu membawa Indonesia kearah Negara yang makin konsumtif bilamana Pemerintah tidak mempersiapkan Bangsa Indonesia menjadi mandiri dan kuat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Pemilu Indonesia yang baru usai dilaksanakan menyimpan harapan agar Pemerintah ke depan mampu segera mempersiapkan Negara mengatasi situasi global (Asian Comunnity). Menelisik hasil sementara Pemilihan umum yang saat sekarang membuat masyarakat resah dengan peran media yang sangat tidak bermanfaat, tentunya menjadikan Indonesia makin tidak stabil. Rasa saling curiga serta antipati yang muncul antarpendukung dimulai dari tingkat terkecil hingga ke tinggkat elite menjadikan konflik dini mulai bermunculan di negeri Pancasila.

 

Dengan kondisi yang demikian, tentu bagaimana Indonesia mampu mempersiapkan diri bersaing di tingkat Internasional, jika konflik internal mulai mewabah. Ibarat bom waktu. Jika Pemerintah tak mampu menjinakkannya maka bom ini bisa meledak kapan saja.

Menerawang perjalanan bangsa Indonesia di masa lalu yang beradab bahkan sangat santun dengan rasa tenggangnya (Tenggang Roso) yang menjadi sikap bangsa, nampaknya kini mulai memudar. Reformasi 98 ternyata tidak hanya merubah sistem ketatanegaraan Indonesia dari Non Demokrasi Parlementer menuju Demokrasi Parlementer. Namun, juga sedikit mengubah sikap bangsa yang beradab menjadi kurang beradab. Sikap tenggang rasa antara warga, mulai dari masyarakat menengah ke bawah ataupun ke atas tidak lagi mencerminkan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang beradab. Ini terlihat dari sikap masyarakat Indonesia secara Horizontal Masyarakat dan Vertikal Pemerintah. Hal ini tentu menjadi problematika bangsa. Dibutuhkan sosok pemimpin Indonesia yang dapat menjadi tauladan dan percontohan kader bangsa yang ikhlas.

Ketidakmampuan pemerintah saat ini dalam menata pendidikan yang santun dalam pembelajaran di sekolah-sekolah membuat bangsa tumbuh dalam kemunafikan serta primordialistik yang belum sirna. Mulai dari sikap menanggapi pemilu, dirasa sikap keilhlasan tak terbangun dalam karakter seorang pemimpin, sehingga wajar bilamana bangsa ini sibuk dengan privasinya secara personal hingga daya memajukan bangsa ini menjadi lambat. Jika hal ini terjadi, Indonesia sebagai Negara berkembang tentu tidak akan mampu untuk menjadi Negara maju dalam waktu singkat, namun sebaliknya.

Dibutuhkan waktu yang lama dalam menata Indonesia berperadaban dan bukan tidak mungkin jika hal ini tidak kita laksanakan maka Indonesia akan terus nyaman menjadi Negara konsumtif terus menerus.

Dibutuhkan keikhlsan yang amat sempurna dalam menata negeri seribu budaya. Keberagaman Indonesia hendaknya menjadi kekayaan, bukan menjadi sekatan negeri garuda ini. Rasa ikhlas dan mengaku kalah tentunya akan menumbuhkan nilai kenegarawanan dalam pribadi setiap kader bangsa, sehingga mata rakyat akan melihat dan meniru serta menginovasikan sikap ini menjadi sikap anak bangsa Indonesia yang santun khususnya dalam berdemokrasi.

 

Ichsan

Wakil Sekretaris Jenderal PB HMI Bidang Otonomi Daerah dan Ketahanan Nasional

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini