Share
Asriatun

Demokrasi Dunia Maya

Rabu 17 September 2014 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 17 58 1040253 zRqh4RXYKr.jpg
A A A

Judul itu saya pilih setelah beberapa waktu lalu, media ramai membicarakan Florence Sihombing. Yang mengemparkan dunia maya melalui jejaring sosialnya. Dia mengungkapkan kekesalan terhadap kota Yogyakarta yang memiliki gelar kota pelajar. Kekesalannya diawali ketika dia harus mengantre begitu lama di sebuah SPBU.

Antrean panjang membuat gadis yang sedang menempuh pendidikan S-2 Fakultas Hukum UGM berpindah ke antrean mobil. Sayang dia merasa tidak mendapatkan perlakuan baik dari petugas SPBU. Akhirnya dia mengungkapkan kekesalannya melalui jejaring sosial Path.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Jerat Hukum

Tulisan Florence yang berisi kata-kata menghina Yogyakarta di media sosial Path berbuntut panjang. Selain terkena bully di media sosial, Florence juga dilaporkan ke polisi. Sesuai Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), ketika ada seseorang menulis unsur penghinaan, pelecehan, atau kesusilaan, maka ia dapat diancam secara pidana.(Kompas.com, 28/8/2014)

Florence bahkan resmi ditahan di rumah tahanan Polda DIY. Dia dijerat Pasal 27 ayat 3 jo Pasal 45 ayat 1, Pasal 28 ayat 2 jo Pasal 45 ayat 2 UU ITE Nomor 11 Tahun 2008. Sementara untuk KUHP, dia dijerat Pasal 310 KUHP dan atau Pasal 311 KUHP. (Kompas.com, 30 Agustus 2014)

Jejaring Sosial dan Kekecewaan

Jika kita cermati secara dalam, status jejaring Florence biasa saja. Hal yang wajar ketika media sosial digunakan sebagai pelampiasan amarah atau kekesalan. Namun komentar kritis yang dilontarkan pada Florence oleh masyarakat juga saya anggap wajar. Florence merasa kecewa atas perlakuan petugas SPBU yang menurutnya sangat diskrimintaif. Maka kemudian, dia melampiaskan.

Komentar pedas dan penuh kutukan menunjukan bukti betapa masyarakat begitu kritis. Ketika menghadapi tanahnya atau daerah domisili mereka dihina. Yogyakarta memang terkenal sebagai kota pelajar. Heran saja ketika seorang yang menempuh pendidikan di salah satu universitas di sana mengutuk daerah tersebut.

Kasus Lama

Mungkin kita masih ingat bagaimana Prita Mulyasari dianggap melakukan pencemaran nama baik Rumah Sakit Omni International. Prita awalnya diperkarakan setelah mengirim e-mail berisi komplain atas pelayanan buruk di RS Omni International. Dia bahkan sempat ditahan selama proses penyidikan. Kasus ini memicu upaya advokasi dan perlawanan atas upaya intervensi negara dalam kebebasan berekspresi di Internet. (Tempo.co, 17/9/2012)

Dua-duanya sebenarnya memiliki kesamaan. Mereka sama-sama merasa mendapat perlakuan tidak layak, sehingga membuat pernyataan yang sama-sama hebohnya. Bedanya, kasus Prita mendapat dukungan masyarakat dan berhasil lolos dari sanksi hukum. Publik juga bersimpati pada perjuanganya dan memunculkah gerakan "Koin untuk Prita". Gerakan ini menjadi inspirasi gerakan koin-koin yang lain dan diyakini sebagai representasi perjuangan masyarakat kecil.

 

Hal ini bertolak belakang dengan kasus Florence Sihombing yang justru dituntut oleh Lembaga Swadaya Masayarakat (LSM) dan mendapat banyak kecaman. Agak heran rasanya seorang mahasiswi FH UGM bisa dengan mudah ditindak pidana dengan kasus semacam ini.

    

Banyak sekali argumentasi yang timbul seiring mencuatnya kasus ini. Namun yang membuat saya heran mengapa kasus ini cenderung dibesar-besarkan. Sebagai negara yang demokrasi, tentu tindakan Florence boleh jadi sebagai ekpresi kekecewaannya terhadap proses distribusi BBM yang lamban.

Etika Dunia Maya

    

Media sosial, kini menjadi trending baru. Bahkan dalam penggunaan internet, muncul istilah Netizen. Netizen sendiri dapat diartikan sekumpulan atau penduduk dunia maya yang memiliki keterlibatan aktif dalam komunitas online dan biasa menggunakan internet di rumah, di kantor maupun sekolah untuk kegiatan sosial.

    

Tidak sedikit, jejaring sosial di kalangan anak muda seolah menjadi kebutuhan hidup. Pertanyaannya, bagaimana seharusnya jejaring sosial dimanfaatkan?

Jejaring sosial harusnya dapat dimanfaatkan sepositif mungkin. Kembali pada kasus Prita, jejaring sosial dapat digunakan untuk menggalang dukungan bukan hanya dukungan finansial namun juga moril. Jejaring sosial dapat menumbuhkan rasa simpati terhadapnya.

Hal ini justru berbeda dengan kasus Florence, dia dianggap salah dalam pemanfaatan jejaring sosial miliknya. Walhasil iya bukan hanya mendapat sanksi sosial tetapi juga sanksi hukum.

Saya rasa, kita akan sangat setuju pada dasarnya dunia maya tetaplah suatu yang nyata ketika para penggunanya adalah manusia. Ketika berbicara tentang manusia dan interaksinnya, kita juga harus faham bahwa manusia memiliki etika. Etika yang harus tetap dijaga. Etika dan moral adalah hal utama yang djunjung tinggi di Indonesia. Tapi jangan mengira saya sebagai seorang yang sedang “dimabuk” moral.

Pemerintahan kita dan bangsa Indonesia secara umum tentu saja belum tahan kritik. Apa lagi ketika kritiknya menjurus pada penghinaan, pelecehan dan lainnya. Tentu akan ada banyak produk hukum yang dapat menjerat kita.

Saya akan sangat kecewa jika ada yang beranggapan tidak ada demokrasi di dunia maya. Justru dunia dunia maya atau jejaring sosial merupakan lahan paling demokratis. Atau jangan sembarang update status yang mengkritik pemerintah atau menghujat kegagalan pemrintah. Jejaring sosial justru dapat digunakan sebagai ruang diskusi.

Saya yakin, semua kita boleh jadi memiliki keluhan yang sama seperti Florence. Sebagian memilih melampiaskan melalui demo, sebagian memilih menulis opini, sebagian lagi memanfaatkan jejaring sosial mereka. Ini negara demokratis, semua orang berhak bicara. Yang penting santun tapi jangan hilang unsur kritiknya.

Asriatun

Mahasiswi Program Studi Ilmu Politik Universitas Malikussaleh, Siswa Sekolah Demokrasi Aceh Utara (SDAU) Angkatan IV;

dan Ketua Komunitas Menulis Butuh Irigasi.

(mbs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini