Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Tetap Aman dari Virus Corona saat Berada di Luar Rumah

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 20 Maret 2020 11:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 20 620 2186293 cara-tetap-aman-dari-virus-corona-saat-berada-di-luar-rumah-GMJ3juI1eG.jpg Lokasi keramaian saat virus corona mewabah/Foto: Okezone

JAKARTA - Sebagian besar lembaga baik pemerintah, swasta maupun pendidikan sudah memberlakukan kerja dari rumah. Upaya ini untuk menekan bahkan memutuskan penularan virus corona atau Covid-19.

Lantas bagaimana bagi Anda yang harus meninggalkan rumah untuk keperluan penting? Seperti dilansir covid19.go.id, beberapa hal harus Anda lakukan saat berada di luar rumah.

Perlu dingat, Anda tidak disarankan menggunakan masker kecuali memiliki gejala seperti demam, rasa lelah dan batuk kering. Kemudian, jangan bersalaman dengan orang lain atau saling menyentuh muka. Gunakan cara bersalaman lain yang aman atau tidak saling menyentuh.

Baca juga: Ketua Gugus Tugas Covid-19 Ingatkan Masyarakat Disiplin Jaga Jarak

Dalam keramaian, seperti di pasar atau di dalam bus, jaga jarak dengan orang lain, minimal sejauh jangkauan lengan atau setara 1 meter. Jauhi orang yang menunjukkan gejala sakit, terutama batuk.

Bila Anda batuk atau bersin, tutup dengan siku terlipat atau tisu. Segera buang ke tempat sampah tertutup tisu yang telah digunakan.

Baca juga: Antisipasi Wabah Corona, Warga Jakarta Jangan Mudik

Dari antisipasi tersebut, Anda tetap harus mencuci tangan pakai sabun atau dengan cairan pembersih saat sampai di tempat kerja atau tujuan. Hal serupa harus dilakukan saat tiba di rumah.

(fmh)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini