Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Jakarta dan Kebiasaan Barunya, Berjemur Matahari Pagi

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 620 2192832 masyarakat-jakarta-dan-kebiasaan-barunya-berjemur-matahari-pagi-UIyM32SdqR.jpg Berjemur Sinar Matahari Pagi (Foto: Shutterstock)
A A A

PAGI ini tidak seperti hari-hari biasanya ketika saya masih harus berangkat kerja, tidak ada jalanan orang-orang yang memanaskan kendaraannya ataupun abang ojek online seliweran mencari alamat penumpangnya.

Ya, memang dalam beberapa minggu terakhir pemerintah DKI Jakarta telah meminta masyarakat untuk tinggal di rumah, bekerja dari rumah, bahkan beribadah dari rumah. Hal ini tidak lain untuk mencegah virus corona COVID-19 semakin tersebar.

Harus tinggal di rumah selama pandemi virus corona COVID-19 membuat aktivitas beberapa warga pun berganti. Mereka yang tadinya sibuk dan terburu-buru mengejar waktu, kini bisa bersantai.

Tapi, aktivitas yang paling berubah adalah, banyak orang tiba-tiba menaruh kurs di luar rumah. Kegiatan ini tidak lain dilakukan untuk berjemur sinar matahari.

(Baca Juga : Potret 4 Selebriti Berjemur Sinar Matahari Pagi)

Dilansir Okezone dari Healthline, Anda boleh saja berjemur antara pukul 10.00 hingga 16.00. Dari berjemur tersebut, Anda akan mendapatkan banyak asupan Ultraviolet B (UVB) dan Ultraviolet A (UVA) agar seimbang.

Tips bugar dari atlet cegah corona

Beberapa ahli kulit percaya bahwa, selama Anda tidak memiliki komplikasi dengan paparan sinar matahari yang biasa, Anda dapat berjemur tanpa tabir surya hingga 20 menit setiap hari.

(Baca Juga : Berjemur Jam 10 Pagi, Sudah Tepat atau Keliru?)

Tapi hati-hati, untuk mengurangi risiko terbakar sinar matahari, mungkin yang terbaik adalah bertahan selama 5 hingga 10 menit. Lebih dari itu, Anda mudah berisiko melanoma atau kanker kulit.

Nah, jika berjemur antara pukul 10.00 sampai 16.00 sinar matahari akan sangat panas, maka ada tips yang harus Anda perhatikan. Perbanyak minum air putih selama berjemur, lalu gunakan juga tabir surya dengan SPF 30, gunakan pakaian yang nyaman, serta kacamata hitam untuk melindungi mata Anda.

(Baca Juga : 5 Tips Nyaman Berjemur di Bawah Sinar Matahari)

Sinar matahari pagi akan merangsang produksi vitamin D di dalam tubuh. Manfaat vitamin D untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di usus, sehingga dapat memperkuat tulang, gigi, serta otot.

Vitamin D juga dapat membantu mencegah beragam penyakit, seperti osteoporosis, hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, serta multiple sclerosis.

Follow Berita Okezone di Google News

Tak hanya kaya vitamin D, bagi mereka yang menderita insomnia yang kerap mengalami susah tidur, berjemur bisa menjadi terapi. Lantaran paparan sinar matahari pagi dapat merangsang produksi hormon melatonin di dalam tubuh.

Melatonin adalah hormon yang berperan mengatur siklus tidur. Jika kadar melatonin di dalam darah rendah, siklus tidur dapat terganggu. Secara langsung, masa tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

(Baca Juga : Potret Gemas Marion Jola Berjemur Sinar Matahari Pagi, Apa Manfaatnya?)

Selain itu, saat terpapar sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh. Sel darah putih memegang peranan penting dalam melawan berbagai penyebab infeksi, salah satunya infeksi virus Corona.

Paparan sinar mentari juga diyakini membantu mengatasi berbagai penyakit kulit, seperti jerawat, eksim sampai psoriasis. Sel-sel kulit mati di permukaan tubuh akan diregenerasi lebih cepat lewat paparan sinar matahari yang cukup.

(Baca Juga : Physical Distancing dengan Berjemur, Netizen Gagal Fokus Lihat Penampilan Yuni Shara)

Dalam kadar yang tepat dan waktu paparan sesuai anjuran dokter, sinar matahari mampu mencegah beragam jenis kanker. Beberapa kanker yang dapat dihindari dengan rutin berjemur pagi, seperti kanker getah bening, kanker ovarium, kanker usus besar, kanker pankreas sampai kanker prostat.

Nah, di rumah aja bukan berarti Anda hidup tidak sehat loh. Yuk bangun pagi dan berjemur sinar matahari. Jangan lupa untuk langsung mandi dan cuci tangan pakai sabun. Dan yang tidak kalah penting, tetap self distancing dengan tetangga Anda ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini