Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Fokus Stabilkan Nilai Tukar Rupiah

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 620 2195590 bi-fokus-stabilkan-nilai-tukar-rupiah-Y7Avc8JmjU.jpg BI Fokus Stabilitas Rupiah. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan fokus saat ini adalah menstabilkan nilai tukar Rupiah. Pasalnya, pasar keuangan global sekarang mengalami ketidakpastian.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, inflasi pada akhir Maret tercatat masih terkendali, di angka 0,13% (month to month/mom) dan 2,9% (year to year/yoy).

"Ini berarti inflasi kita adalah rendah. Namun memang ada risiko penurunan pertumbuhan ekonomi kita," ujarnya, dalam telekonferensi, Selasa (7/4/2020).

Dari sisi kebijakan suku bunga, Perry menegaskan, bahwa Bank Indonesia memiliki ruang untuk menurunkannya. Namun, kata Perry, ada masalah lain sehingga BI memutuskan belum menggunakan kebijakan suku bunga tersebut.

Baca Juga: Gubernur BI: Rupiah Menguat ke Rp16.125 per USD

"Saya menyatakan masih ada ruang penurunan suku bunga. Tapi masalahnya, apakah kita akan menggunakan? Di sinilah saya sampaikan BI akan sangat hati-hati karena pertimbangan stabilitas nilai tukar Rupiah," ujarnya.

Menurut Perry, saat ini kondisi pasar keuangan global masih mengandung ketidakpastian. Maka dari itu, BI memprioritaskan untuk stabilitas eksternal dan stabilitas nilai tukar Rupiah.

"Meskipun kami punya ruang untuk menurunkan suku bunga dan perlunya jaga momentum ekonomi," ujarnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini