Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Berbelanja Aman Tanpa Bersinggungan dengan Virus Corona

Agustina Wulandari , Jurnalis · Rabu 08 April 2020 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 620 2195759 cara-berbelanja-aman-tanpa-bersinggungan-dengan-virus-corona-M5vwijojwv.jpg Cara Belanja Aman Tanpa Bersinggungan dengan Corona (Foto: Shutterstock)
A A A

BERBELANJA keperluan sehari-hari sebelum pandemi virus Corona melanda menjadi kegiatan rutin tanpa batasan waktu.

Aktivitas tadi kini menjadi terbatas karena imbauan pemerintah untuk membatasi diri ke luar rumah. Okezone berbagi tips yang bisa diterapkan saat berbelanja ke swalayan atau pasar tradisional dengan aman dan sehat berikut ini:

1. Sentuh barang yang akan dibeli saja

Belanja saat corona

Begitu banyak yang tersedia di pasar atau swalayan. Namun, ingat tujuan awal barang-barang apa saja yang akan kamu beli. Hindari menyentuh barang-barang yang tak perlu untuk mengurangi kontak dengan permukaan benda yang mungkin terpapar virus Corona.

2. Berbelanja sendiri

Belanja saat corona

Demi mengurangi kontak dengan lingkungan sosial, hindari pergi berbelanja dengan membawa anggota keluarga. Lantaran semakin banyak orang akan membuka kesempatan bagi penyebaran virus di tempat perbelanjaan maupun di pasar.

(Baca Juga : Pria Ini Pakai Topeng Leak Bali untuk Belanja di Supermarket)

Pergi berbelanja sendiri justru membuat seseorang tidak perlu berlama-lama memilih karena daftar barangnya lebih efisien.

3. Melakukan pembayaran non-tunai

Belanja sendiri

Uang kertas dan uang koin disinyalir dapat menjadi media penyebaran virus Corona. Untuk mengurangi risiko tertular, sebisa mungkin menggunakan alat pembayaran non-tunai via kartu debit, kredit, ataupun e-wallet.

(Baca Juga : Tips Belanja ke Supermarket ala Cinta Laura)

4. Belanja online

Belanja saat corona

Masyarakat sudah tak asing lagi dengan belanja online. Salah satu upaya menghentikan penyebaran virus dengan belanja kebutuhan melalui aplikasi karena pembeli tak perlu berpindah tempat, cukup di rumah saja.

(Baca Juga : Viral Pasutri Kenakan APD saat Belanja di Supermarket, Kalau Takut di Rumah Saja)

Selain mempraktikkan cara berbelanja tadi, jangan lupa untuk tetap jaga jarak hingga 1 meter, cuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer serta gunakan masker saat ke luar rumah. Semoga tips di atas berguna untukmu yang ingin belanja tanpa perlu khawatir ya!

Follow Berita Okezone di Google News

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini