Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PVMBG Akui Beberapa Gunung Berapi Berstatus di Atas Normal, Masyarakat Tak Perlu Panik

CDB Yudistira, Jurnalis · Sabtu 11 April 2020 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 11 620 2197529 pvmbg-akui-beberapa-gunung-berapi-berstatus-di-atas-normal-masyarakat-tak-perlu-panik-X24ZYy0lsJ.jpg Gunung Anak Krakatau (Dok. Susi Air)
A A A

BANDUNG - Beredar sebuah pesan di media sosial, soal beberapa gunung berapi di Indonesia, tengah mengalami erupsi. Dalam pesan itu disebutkan, gunung yang tengah erupsi diantaranya Kerinci, Anak Krakatau, Semeru, Merapi, Dukono, dan Gunung Ibu.

Menanggapi itu, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kasbani memang membenarkan informasi tersebut.

"Itu memang sudah biasa, sudah dua bulan beberapa gunung api di Indonesia statusnya di atas normal," kata Kaasbani, saat dihubungi, Sabtu (11/4/2020).

"Seperti Semeru, sekarang Anak Krakatau, Dukono, memang erupsi setiap hari, kemudian Merapi beberapa hari lalu, dikatakan bersamaan tapi dalam range yang sama," sambung dia.

Kasbani meminta masyarakat tidak usah panik dan termakan isu-isu yang belum tentu kebenarannya. Soal beberapa gunung yang berstatus di atas normal, pihaknya telah menetapkan jarak aman aktivitas masyarakat.

"Masyarakat enggak usah panik, daerah bahayanya sudah terlokalisir. Yang penting tidak beraktivitas di zona bahaya yang sudah ditetapkan," ucap dia.

Follow Berita Okezone di Google News

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini