Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Penularan Virus Corona Lewat HP

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 14 April 2020 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 14 620 2199140 waspada-penularan-virus-corona-lewat-hp-Z8VMAT4cKA.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PENULARAN virus corona (COVID-19) tidak hanya lewat sentuhan langsung dari orang yang positif terjangkit, namun juga bisa dari benda yang dipegang oleh pengidap penyakit tersebut. Contoh kasusnya bisa saja penderitanya bersin lalu cairannya menempel di HP yang ia pegang, kemudian HP tersebut dipinjam orang lain.

Dikutip dari Newsweek pada Selasa (14/4/2020), Profesor Mikrobiologi dan Imunologi di The University of Arizona, Charles Gerba mengatakan HP menjadi salah satu benda yang rentan terpapar virus corona.

"Apa yang kami temukan ketika mempelajari pergerakan virus di permukaan di gedung-gedung perkantoran adalah bahwa Anda menyentuh permukaan dengan virus di atasnya (contohnya pegangan pintu), dan kemudian Anda juga menempelkan virus itu di ponsel Anda," ucapnya.

Lalu berapa lama masa hidup virus corona di permukaan HP berlayar sentuh? Dikutip dari laman menshealth pada Jumat 13 Maret 2020, para peneliti di Jerman menjelaskan dalam Journal of Hospital Infection, virus corona dapat hidup di permukan HP dua jam hingga sembilan hari.

Baca Juga: Cegah Penularan Virus Corona, Bersihkan Ponsel 90 Menit Sekali

Peneliti tersebut juga merilis strategi untuk membersihkan HP yang terpapar virus corona, yaitu dengan cara menggunakan cairan disinfektan yang mengandung 0,1% natrium hipoklorit atau 62%-71% etanol.

"Cairan itu secara signifikan mengurangi infektivitas virus corona pada permukaan dalam waktu paparan 1 menit. Kami mengharapkan efek yang sama terhadap SARS-CoV-2. (SARS-CoV-2 adalah virus yang menyebabkan COVID-19, menurut CDC)," demikian laporan para peneliti di Jerman.

Sedangkan Günter Kampf, M.D., profesor di bidang kebersihan dan kedokteran lingkungan di University of Greifswald, mengatakan tidak semua disinfektan efektif membunuh virus yang menempel di layar HP.

Oleh karena itu ia merekomendasikan menggunakan tissue beralkohol atau kain mikrofiber. "Saya akan melakukannya setiap kali harus ke tempat umum," tukasnya.

Baca Juga: Virus Corona Bisa Menempel di Layar Handphone, Uang dan Pakaian?

Sementara Dokter Ravi Shekhar Jha yang merupakan Kepala Department Rumah Sakit Fortis Escorts, di Faridabad, India, mengatakan membersihkan HP pakai disinfektan sekali dalam 90 menit, dapat mencegah penyebaran virus corona. Selain itu HP juga dapat disterilkan menggunakan hand sanitizer.

Ravi juga menyarankan agar HP tidak disentuh secara langsung, namun pakai perangkat yang memanfaatkan bluetooth ketika hendak menerima panggilan. “Opsi terbaik adalah menggunakan cover ponsel atau gadget dengan bluetooth dan sebisa mungkin meminimalisasi menyentuh ponsel,” ucapnya sebagaimana dilansir dari Gulfnews pada Selasa 17 Maret 2020.

Anjuran dokter Ravi ini tentu sangat logis mengingat dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Insurance2Go pada 2018, disebutkan kuman yang menempel di HP layar sentuh, tiga kali lebih banyak dibanding kuman yang menempel di alas duduk toilet.

Baca Juga: Penelitian Terbaru Sebut Virus Korona Bisa Hidup 9 Hari di Handphone

Begitupun dengan hasil penelitian University of Surrey yang menjelaskan tombol “home” di HP bisa jadi wadah atau media tempat berkembangnya jutaan bakteri, yang sebagian di antaranya bisa berbahaya.

Sementara Suranjeet Chatterjee yang merupakan Senior Consultant di Internal Medicine Department, Rumah Sakit Indraprastha Apollo, New Delhi, mengingatkan virus corona dan kuman-kuman lain dapat hidup di permukaan kaca, metal, hingga plastik. Maka dari itu, mencuci tangan hingga bersih dan rutin membersihkan ponsel itu penting adanya.

“Kita harus rutin mencuci tangan. Virus corona dan kuman lainnya bisa hidup di permukaan benda seperti kaca, besi, plastik, dan ponsel itu penuh bakteri. Makanya penting untuk kita membersihkan tangan secara rutin dan memastikan tangan kita bersih setiap waktu,” ujar Suranjeet.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini