Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rajin Makan Ikan Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Lawan Corona COVID-19

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 17 April 2020 18:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 17 620 2200859 rajin-makan-ikan-bisa-tingkatkan-imunitas-tubuh-untuk-lawan-corona-covid-19-bW8L8f6VsA.jpg Ilustrasi. Foto: Streetfood
A A A

Ikan kaya nutrisi sehingga dipercaya menaikkan imunitas tubuh hingga kuat melawan penyakit. Termasuk mencegah coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang ditularkan lewat virus corona Sars Cov 2. 

Bahkan, saat Rapat Terbatas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan para menteri tentang Laporan Tim Gugus Tugas COVID-19, Senin 13 April 2020, masyarakat diminta untuk rajin makan ikan. Kebiasaan makan ikan dipercaya bisa mencegah penularan virus corona COVID-19.

Ikan merupakan salah satu bahan makanan sehat kaya nutrisi. Segala macam nutrisi yang dikandung oleh ikan segar mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Bila imunitas tubuh baik para ahli juga percaya bahwa seseorang mampu melawan beragam virus termasuk COVID-19. Untuk itu,  Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo juga langsung meminta masyarakat rajin makan ikan setiap hari. 

"Cara meningkatkan imunitas tubuh salah satunya dengan makan ikan yang sehat, ucap Doni saat konferensi virtual, Senin 13 April 2020. 

Selain itu, sambung Doni, Presiden Jokowi juga meminta Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, untuk membagikan ikan kepada masyarakat di daerah. Mengingat pasokan ikan di perairan nusantara ini begitu melimpah dan masyarakat tak perlu khawatir. 

"Bapak Presiden menekankan kepada Menteri KKP untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang ada di berbagai daerah," terang Doni.

Lalu, apa bukti ilmiah ikan segar itu bermanfaat bagi tubuh kita? Para peneliti di University of Eastern Finland menyebutkan, jika seseorang rutin makan ikan sekira tiga hingga empat kali dalam seminggu, maka dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Hasil studi ini juga mengungkap bahwa seseorang yang rutin makan ikan terjadi perubahan positif dalam metabolisme lipid. 

Seseorang juga akan mengalami peningkatan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL) besar atau partikel kolesterol baik dalam darah, jika dibandingkan dengan seseorang yang makan ikan lebih jarang.

Beragam jenis ikan laut maupun air tawar memiliki kandungan protein yang sama. Sehingga masyarakat tak perlu khawatir kekurangan nutrisi baik saat makan ikan dengan jenis berbeda-beda.

Selain mengandung protein berkualitas tinggi, ikan juga mengandung tinggi yodium, dan beragam mineral. Ikan mengandung vitamin D, nutrisi yang larut dalam lemak, namun kurang didapatkan banyak orang.

Baca Juga: Selain Tingkatkan Imunitas, Ini 5 Manfaat Makan Olahan Ikan Segar 

Tak hanya mengandung tinggi protein, ikan juga kaya akan lemak omega-3 dan lemak baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Adapun jenis ikan yang diklaim sangat sehat yakni salmon, tuna, mackerel, dan sarden, dengan kandungan asam lemak omega-3 dan rendah lemak jenuh. 

Nah, asam lemak omega-3 sendiri bermanfaat untuk jantung dalam beberapa cara. Mereka dikenal untuk mencegah aritmia, mengurangi risiko pembekuan darah, menurunkan kadar trigliserida dan mengurangi tekanan darah.

Baca Juga: 2 Hidangan Ikan Lezat Berempah untuk Lawan Corona COVID-19 

Kaitannya dengan membangkitkan imunitas, sekitar 30 tahun silam, peneliti juga pernah melihat perubahan pada sistem kekebalan tubuh. Terlebih jika seseorang sering mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang tinggi dari kebiasaan makan ikan.

Baca Juga: Italia Lockdown, Ikan-Ikan Bermunculan di Kanal Venesia

Follow Berita Okezone di Google News

"Kami menggambarkan temuan terbaru yang menggambarkan efek asam lemak omega-3 pada sel yang berbeda dari sistem kekebalan tubuh," ucap para peneliti dalam studi Effects of Omega-3 Fatty Acids on Immune Cells yang diterbitkan oleh International Journal of Molecular Science.

Bicara soal sistem kekebalan tubuh merupakan sistem pertahanan yang melindungi organisme dari serangan patogen, seperti virus atau bakteri. Termasuk virus corona atau COVID-19 yang kini tengah menjadi pandemi di banyak negara.

Nah, diet yang sehat dan seimbang terbukti dapat menjaga imunitas. Bila imunitas baik, maka tubuh mampu melawan virus dan bakteri jenis apapun, termasuk corona COVID-19.

Untuk olahan ikan sendiri, sebut Pakar Kuliner Sisca Soewitomo, kini saatnya masyarakat makan ikan dengan tambahan bumbu rempah. Nah, rempah-rempah sendiri juga diklaim mampu melawan virus corona. Misalnya masak gulai ikan di rumah untuk keluarga tercinta.

"Buat gulai ikan, kuncinya ada pada pemakaian bumbu dan ikan yang digunakan," katanya saat dihubungi Okezone.

Sisca mengatakan, bumbu gulai ikan memiliki fungsi masing-masing. Sehingga cita rasa dan aromanya bisa terasa saat disantap. Rempah, terang Sisca, juga dapat dipakai penetralisir amis dalam ikan.

Sebut saja kunyit berfungsi sebagai penetralisir rasa, jahe untuk menarik bau amis ikan, daun jeruk dan serai adalah sebagai penguat aroma. Tambahkan santan segar untuk memberikan rasa gurih.

"Bumbu yang dipakai dalam memasak gulai adalah untuk mempengaruhi aromanya. Lewat bumbu, gulai ikan sedap dikonsumsi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini