Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kartu Pra-Kerja Tak Jamin Peserta Langsung Dapat Kerja, Apa Kata Pemerintah?

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 620 2203681 kartu-pra-kerja-tak-jamin-peserta-langsung-dapat-kerja-apa-kata-pemerintah-wfsaRso4Tl.jpg Kartu Pra-Kerja. (Foto:: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Masyarakat harus tahu, meski telah mengikuti proram kartu Pra-Kerja tidak menjamin pesertanya langsung mendapatkan pekerjaan. Meski, para peserta tetap mendapatkan manfaat yang sangat berharga untuk bekal kerja nantinya.

Asisten Deputi Ketenagakerjaan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Yulius mengatakan, meskipun tidak langsung mendapatkan pekerjaan, namun para peserta tetap mendapatkan jaminan berupa peningkatan kapasitas skill atau kemampun dalam bekerja.

Menurutnya, hal ini sangat penting sebagai modal mereka agar bisa diserap oleh industri di kemudian hari.

Baca Juga: Ribuan Peserta Kartu Pra-Kerja Tak Lolos karena Foto Buram atau Selfie Miring

Selain itu, dengan program kartu Pra-Kerja menguntungkan industri karena bisa mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan keinginan perusahaan. Sebab menurut permasalahan yang dihadapi para industri untuk menyerap tenaga kerja adalah ada ketidakcocokan keahlian dengan posisi yang diinginkan perusahaan.

Bahkan saat ini terdapat gap sebesar 50% antara skill yang dimiliki masyarakat Indonesia dengan skill yang dibutuhkan oleh industri. Sehingga, kesenjangan itu membuat penyerapan tenaga kerja di Indonesia tidak berkolerasi dengan besaran investasi.

"Tujuannya, meningkatkan skill dan antara supply dan demand ada missmatch 50%. Keahlian masyarakat tidak cocok dengan yang dibutuhkan industri," ujarnya dalam teleconfrence, Kamis (23/4/2020).

Oleh karena itu lanjut Yulius, pemerintah menginvestasikan besar-besaran agara memastikan banyak tenaga kerja yang terserap oleh industri. Selain itu,pemerintah juga telah menyiakan langkah-langkah kebijkan lainnya untuk menyerap pekerja.

Follow Berita Okezone di Google News

Misalnya, dengan Rancangan Undang-Undangan Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Menurutnya, dengan adannya RUU Ciptaker ini bisa meningkatkan investasi dan akan berdampak kepada penyerapan tenaga kerja.

Oleh sebab itu, kedua program itu akan saling berkaitan satu dengan lainnya. Ketika investasi deras masuk ke Indonesia, maka pemerintah telah menyiapkan slot atau ruang bagi pekerja Indonesia agar bisa terserap oleh industri.

"Dikasihnya bantuan kartu pra kerja dengan harapan mereka sudah ada slot diindustri tersebut bisa kerja, tapi apakah dijamin kerja ya enggak juga, kalau pas latihan males-malesan ya enggak bisa juga. Tapi slotnya sudah disiapkan," jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini