Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Puasa Selama Wabah Covid-19 Agar Imun Terjaga

Kuntadi, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 620 2203784 cara-puasa-selama-wabah-covid-19-agar-imun-terjaga-YFdo7iOixz.jpg Ilustrasi menu berbuka puasa/Foto: Okezone

YOGYAKARTA – Bangsa di dunia ini masih berjuang menghentikan penularan virus corona atau covid-19. Pada saat bersamaan, umat Islam akan memasuki bulan puasa Ramadhan 1441 H/2020.

Pakar Gizi UGM Dwi Budiningsari menjelaskan, berpuasa di bulan Ramadhan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imunitas). Sangat tepat dilakukan di tengah pandemic Covid 19. Namun, pelaksanaan puasa harus benar agar tubuh tetap bugar.

Pertama menjaga makan sehat dan seimbang. Saat sahur dianjurkan mengonsumsi karbohidrat kompleks dan serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna dan diubah menjadi energi. Dengan begitu, energi yang dihasilkan akan bertahan lebih lama dan juga merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Sehari Jelang Pelarangan Mudik, Tol Cipali Sepi Kendaraan

“Contohnya seperti nasi merah, kentang, roti gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan ubi,” kata Ketua Prodi S1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini.

Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau, brokoli, wortel, dan lainnya yang kaya serat, vitamin, serta mineral. Sementara untuk protein dapat dipenuhi dari hewani maupun nabati seperti ikan, telur, ayam, daging merah, tempe, dan tahu.

Tak kalah penting, buah-buahan seperti semangka, pepaya, melon, jeruk, dan lainnya juga sangat dibutuhkan tubuh. Selanjutnya, menjaga asupan air putih dua liter atau setara dengan 8-9 gelas sehari, diatur mulai dari buka hingga sahur.

Baca juga: Kemenhub Tegaskan Tak Ada Penutupan Jalan Tol

“Air putih sangat diperlukan, sehari harus setara dengan 2 liter,” ungkap Dwi.

Beberapa hal justru perlu dibatasi seperti konsumsi gula. Jangan lebih dari 50 gram sehari atau setara dengan 4 sendok makan. Konsumsi gula berlebihan akan mempengaruhi sel imun dalam memerangi penyakit. Menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak trans tinggi dan makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat sederhana.

“Sebisa mungkin hindari makanan atau minuman yang terlalu manis,” paparnya.

Saat berbuka, Budiningsari menyarankan masyarakat tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan. Porsi makan saat berbuka puasa sebaiknya sekira 10-25 persen dari kebutuhan sehari. Selanjutnya makan malam setelah Salat Magrib sekitar 25-35 persen, snack malam sekitar 10-25%. Sedangkan saat sahur sebesar 20-35 persen kebutuhan sehari.

Selama berpuasa disarankan tetap melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga. Olahraga dapat dilakukan dengan aktivitas rumah tangga dan senam aerobik ringan hingga sedang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Istirahat cukup setidaknya 8 jam sehari juga harus diperhatikan. Menjadwalkan tidur secara teratur penting dilakukan sebab polanya selama berpuasa berubah drastis.

“Hindari stres karena bisa menurunkan imunitas,”imbuhnya.

Tidak kalah pentingnya tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Antara lain dengan menjaga kebersihan melalui rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan memakai masker jika keluar rumah.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini