Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puasa Menguatkan Imunitas Tubuh Guna Mencegah Covid-19

Kuntadi, Jurnalis · Kamis 23 April 2020 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 23 620 2203888 puasa-menguatkan-imunitas-tubuh-guna-mencegah-covid-19-J3WSPQsmls.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

YOGYAKARTA – Sistem kekebalan tubuh atau imunitas jadi benteng utama mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Masyarakat tidak perlu takut menjalankan puasa Ramadhan di tengah pandemi corona. Malahan, puasa akan meningkatkan imunitas tubuh.

“Dari sejumlah penelitian, puasa dapat meningkatkan imunitas,” kata Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Dwi Budiningsari, dalam keterangan persnya, Kamis  (23/4/2020).

Hingga saat ini, belum ada studi yang menyatakan puasa akan menjadikan risiko peningkatan infeksi Covid-19. Berpuasa yang benar justru dapat memperbaiki jaringan-jaringan sel yang rusak.

Berpuasa 30 hari bisa merangsang produksi sel-sel darah putih baru, yang mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh. Kondisi inilah yang akan mampu menangkal berbagai infeksi bakteri maupun virus dan penyakit lainnya.

(Foto: Istimewa)

“Kekebalan tubuh sangat dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas asupan gizi. Orang yang bergizi baik, dengan kebutuhan energinya telah tercukupi, berpotensi besar memiliki kemampuan untuk memusnahkan virus Covid-19,” kata Ketua Prodi S1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Bertepatan Pada 24 April 2020

Berpuasa juga membantu detoksifikasi tubuh. Selama berpuasa bisa membantu mengeluarkan berbagai racun yang tersimpan dalam tubuh. Misalnya zat-zat adiktif aditif dalam makanan seperti pengawet dan pewarna makanan. 

Puasa juga dapat mengurangi massa lemak tubuh. Lemak berlebih dalam tubuh dapat merusak keseimbangan sistem kekebalan tubuh manusia. Lemak yang berlebih akan memicu produksi sel yang menyebabkan peradangan organ tubuh yang memicu penyakit pembuluh darah dan masalah kesehatan lainnya.

“Kalau yang kelebihan lemak bisa menurunkan berat badan maka bisa memperbaiki imunitasnya,”terang Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI Pangan) DIY ini.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini