Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Virus Corona, Imam Besar Masjidil Haram Ikut Bersihkan Ka'bah

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Selasa 28 April 2020 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 28 620 2206267 cegah-virus-corona-imam-besar-masjidil-haram-ikut-bersihkan-ka-bah-Y0a4ecRTVJ.jpg Imam Besar Masjidil Haram Syeikh Sudais
A A A

MEKKAH - Imam Besar Masjidil Haram Syeikh Abdurrahman Al Sudais terlihat ikut bekerja membersihkan Ka’bah, Senin (27/4/2020) jelang sholat Tarawih yang diadakan secara terbatas.

Arabnews melansir jika Al Sudais turut mencuci dan mensterilkan Kakbah dan area Maqom Ibrahim. Diduga sang Imam terketuk hatinya melihat petugas kebersihan Masjidil Haram yang harus bekerja ekstra sejak adanya wabah virus Corona.

Pembersihan kompleks Masjidil Haram ini sejalan dengan rekomendasi dan instruksi dari otoritas kesehatan setempat, yakni melakukan berbagai langkah pencegahan penyebaran virus. Selain itu diberlakukan kebijakan physical distancing atau menjaga jarak yang aman antarjarmaah.

syekh sudais bersihkan makam ibrahim

Otoritas Dua Masjid Suci juga melakukan pembersihan rutin di area Hajar Aswad. Kain Kiswah yang menutupi Kakbah turut menjadi perhatian otoritas agar selalu diganti berkala demi kebersihan.

(Baca Juga : Studi dari Universitas Newcastle Sebut Umat Muslim Berisiko Lebih Rendah Kena COVID-19)

Pada akhir pekan lalu, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud memerintahkan agar jam malam di negara itu dilonggarkan setelah hampir dua bulan menerapkan pembatasan sosial. Pelonggaran jam malam ini berlaku di seluruh wilayah Arab Saudi, kecuali di Kota Mekkah. Kota suci pusat ibadah haji dan umrah itu tetap memberlakukan larangan keluar rumah 24 jam bagi warganya.

Syekh sudais kakbah

(Baca Juga : Kisah Dzulkifli, Diangkat Jadi Nabi karena Sabarnya Kelewat Batas)

Warga lainnya boleh beraktivitas di luar rumah dari pukul 09.00 sampai 17.00 waktu setempat, terhitung mulai Minggu (26/4/2020). Aturan ini berlaku selama dua pekan atau sampai 13 Mei 2020 sambil dievaluasi perkembangannya.

Menyusul pengumuman ini, beberapa kegiatan bisnis diperbolehkan beroperasi seperti pusat grosir, toko ritel, serta pusat-pusat perbelanjaan. Mereka diperbolehkan beroperasi mulai Rabu (29/4/2020) hingga 13 Mei.

Hajar aswad

(Baca Juga : Peneliti Singapura Prediksi Pandemi COVID-19 di Indonesia Berakhir 3 Juni)

Hingga kini jumlah korban positif COVID-19 di Arab Saudi mencapai 18.811 kasus dengan 144 kematian dan 2.531 orang berhasil sembuh.

Follow Berita Okezone di Google News

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini