Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diaspora Indonesia Bagikan Masker Gratis Cegah Covid-19 di Amerika

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 09 Mei 2020 00:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 09 620 2211302 diaspora-indonesia-bagikan-masker-gratis-cegah-covid-19-di-amerika-SHDNzgtMbP.jpg
A A A

Sebagian diaspora Indonesia yang menetap di Amerika Serikat tidak tinggal diam menghadapi kondisi pandemi Covid-19 di negara dengan jumlah kasus terbanyak di dunia. Mereka berkontribusi memproduksi masker kain untuk dibagikan ke masyarakat.

Ada sebanyak 10 orang relawan yang berasal dari negara bagian yang berbeda, yakni dari Arizona, Arkansas, Kansas, dan Maryland. Dalam projek ini, mereka menyediakan bahan berupa kain katun, tali elastik, dan lainnya untuk pembuatan masker. Para relawan yang memiliki mesin jahit sendiri tersebut berkontribusi tanpa imbalan.

"Kita sangat bersyukur karena masih banyak orang-orang peduli seperti para relawan yang mau meluangkan waktu untuk menjahit masker kain ini. Selanjutnya kita bagikan ke yang membutuhkan," kata Irwan Saputra, Executive Director Dompet Dhuafa USA Inc.

masker gratis di amerika

Irwan menjelaskan bahwa masker tersebut akan dibagi-bagikan ke diaspora Indonesia yang ada di Amerika Serikat. Selain itu, mereka juga membagikan ke warga negara Amerika Serikat yang tidak bisa mendapatkan masker.

(Baca Juga : Kisah Orang-Orang Melawan Pandemi Flu Spanyol, Pakai Masker hingga Makan Bubur Hangat)

"Para relawan kita rata-rata orang yang memiliki kesibukan lain seperti bekerja. Jadi untuk tahap awal ini, kita sudah produksi hampir 700 pcs masker kain. Kemudian kita bagikan lima masker per keluarga. Di sini tidak semudah mendapatkan masker kain seperti di Indonesia, jadi, walau tidak banyak, masker tersebut akan bermanfaat," jelas Irwan.

Salah satu relawan yang berasal dari negara bagian Arizona, Wahyu Lestari, menyatakan bahwa ia mau berkontribusi memproduksi masker karena kepedulian melihat kondisi penyebaran pandemi Covid-19 di AS yang sangat parah.

Diaspora Indonesia di amerika

(Baca Juga : Hadapi Corona, Jubir COVID-19 Minta Masyarakat Belajar dari Flu Spanyol 1918)

"Semoga masker-masker ini dapat membantu mencegah dan mengurangi penyebaran Covid-19 ini di AS," ungkap Wahyu yang juga bekerja sebagai Associate Professor Aerospace Engineering di Embry-Riddle Aeronautical University, di Arizona.

Salah seorang penerima yang tinggal di wilayah Virginia, Novita Sari, mengungkapkan bahwa masker kain tersebut sangat bermanfaat baginya dan keluarga pada saat ke luar rumah, terutama untuk berbelanja. "Kami tidak punya mesin jahit untuk buat sendiri. Jadi masker kain ini sangat bermanfaat bagi kami," ujar Novita.

Follow Berita Okezone di Google News

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini