Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Covid-19 Tidak Pernah Berakhir, Hanya Mereda

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 620 2215567 kasus-covid-19-tidak-pernah-berakhir-hanya-mereda-jAIpoQ3r7C.jpg Peta Sebaran Covid-19/Foto: covid-19.go.id

JAKARTA - Pandemi Covid-1 di Indonesia dan ratusan negara di seluruh dunia tidak akan pernah berakhir. Kasus Covid-19 hanya bisa mereda setelah ditemukan vaksinya.

Demikian disampaikan Pakar Epidemiologi asal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Pandu Riono.

"Jangan pakai kata-kata berakhir. Pandemi ini tidak akan pernah berakhir, cuma mereda," kata Pandu saat dikonfirmasi Okezone soal kapan Covid-19 akan berakhir, Minggu (17/5/2020).

Pandu menjelaskan, pandemi Covid-19 bisa mereda setelah pemerintah dan masyarakat mampu mengontrol tingkat penyebarannya. Meredanya pandemi ini terlihat setelah angka kasus positif Covid-19 juga mulai mengalami penurunan.

"Nah itu dalam jangka panjang kita harus meningkatkan kewaspadaan karena infeksi," ucapnya.

Lebih lanjut, Pandu juga menyoroti regulasi yang dibuat pemerintah dalam menangani Covid-19. Menurut Pandu, banyak regulasi yang diambil pemerintah tidak berjalan efektif atau tumpang tindih satu dengan yang lainnya.

"Nah kalau udah begini, lebih baik pembatasan sosial ini jangan top down, memang seharusnya dari awal mengajak masyarakat buat top up," ungkap Pandu.

"Jadi pembatasan sosialnya harus berbasis komunitas. Karena di daerah yang tidak PSBB itu juga melakukan pembatasan sosial dengan cara mereka dan lebih efektif. Contoh berbasis komunitas kaya di Bali, beberapa wilayah di Jateng, Jatim. Karenanya, kuncinya di kepatuhan penduduk," sambungnya.

(fmh)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini