Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Muslim Dunia Terima Keputusan Arab Saudi soal Haji 2020

Hantoro, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2020 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 24 620 2235866 muslim-dunia-terima-keputusan-arab-saudi-soal-haji-2020-8tnBPMi1zO.jpg Masjidil Haram. (Foto: Istimewa/Twitter)
A A A

KEPUTUSAN Pemerintah Arab Saudi untuk menyelenggarakan ibadah haji tahun 1441 Hijriah/2020 Masehi dengan jumlah jamaah yang sangat terbatas sempat mengecewakan Muslim dunia. Namun akhirnya mereka dapat menerima keadaan ini demi menjaga dari persebaran wabah virus corona (covid-19).

"Harapan saya untuk pergi ke (Tanah Suci Makkah) begitu tinggi," kata jamaah Indonesia Kamariah Yahya (68) kepada Gulf News, sebagaimana dikutip dari About Islam, Rabu (24/6/2020).

"Saya sudah mempersiapkannya selama bertahun-tahun. Tapi apa yang bisa saya lakukan? Ini adalah kehendak Allah Subhanahu wa ta'ala. Ini takdir," ungkapnya.

Baca juga: Jamaah Haji 2020: Usia di Bawah 65 Tahun hingga Wajib Karantina 

Sementara Shahadat Hossain Taslim, kepala kelompok yang mewakili agen perjalanan haji di Bangladesh, mengatakan banyak orang kecewa akan keputusan itu, tetapi ini pasti jalan yang terbaik dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Tidak seperti negara lain, mayoritas jamaah Bangladesh adalah orang tua, dan mereka rentan terhadap covid-19," katanya.

Di India, keputusan tersebut telah memupuskan harapan lebih dari 200.000 orang yang telah mendaftar haji untuk tahun ini.

Baca juga: Muslim India Menilai Positif Pembatasan Jamaah Haji 2020 

Follow Berita Okezone di Google News

Meski mengalami kekecewaan, beberapa Muslim sudah menanti-nanti tahun 2021 dan berharap dapat berangkat haji.

"Saya masih berharap pergi haji tahun depan. Saya berdoa semoga saya tetap sehat sampai saat itu," kata Kamariah Yahya.

Baca juga: Selain Haji, Ini 4 Amalan yang Disunahkan saat Dzulhijjah 

Masjidil Haram. (Foto: AP)

Ibadah haji sendiri melambangkan keimanan umat Islam. Setiap Muslim yang mampu secara fisik dan finansial wajib menunaikan haji setidaknya sekali seumur hidup.

Setidaknya sekira 2,5 juta umat Islam dari seluruh negara melakukan perjalanan ke Arab Saudi setiap tahunnya. Tetapi kali ini tampaknya menurun drastis, sebab Kerajaan setempat baru saja mengumumkan jumlah jamaah haji yang diperkenankan hanya sekira 1.000 orang.

Baca juga: Arab Saudi Batasi Jumlah Jamaah Haji 2020 Hanya 1.000 Orang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini