Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlukah Orang Sehat Konsumsi Vitamin?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 620 2237683 perlukah-orang-sehat-konsumsi-vitamin-y65aVx5mlx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

HINGGA hari ini, Minggu 28/6/2020, para ilmuwan belum menemukan vaksin atau obat yang tepat untuk melawan Covid-19. Oleh karena itu, para dokter dan pakar kesehatan selalu mengimbau agar kita jaga kesehatan, mendongkrak imunitas agar terhindar dari paparan virus corona yang ganas itu.

Maka, tak heran jika banyak di antara kita, warga masyarakat mencari cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Ketika berupaya untuk menaikkan imunitas tubuh, biasanya kita mengonsumsi berbagai suplemen, antara lain vitamin, probiotik, dan lain sebagainya.

Namun, apakah mengonsumsi produk tersebut benar-benar dapat menaikkan imunitas tubuh sehingga badan tetap sehat?

"Sayangnya, kenyataannya produk-produk semacam itu tidak benar-benar memberi manfaat untuk Anda," kata Michael Starnbach, profesor mikrobiologi di Harvard Medical School seperti dilansir Health Harvard.

Baca Juga: 10 Vitamin yang Kamu Butuhkan, Sumbernya Dari Mana Saja?

"Tidak ada bukti bahwa vitamin atau suplemen mampu membantu kita berperang melawan penyakit," tambahnya.

Nah, untuk memahami alasannya, Anda perlu tahu sedikit tentang cara kerja sistem kekebalan tubuh. Ada keseimbangan antara sistem kekebalan yang efektif dalam membatasi kemampuan bakteri, virus, dan parasit untuk menyebabkan infeksi.

Sistem kekebalan yang hiperaktif, dapat menyebabkan masalah seperti alergi, diabetes, dan jenis autoinflamasi atau gangguan autoimun lainnya. "Jika ada terlalu banyak peningkatan ke sistem kekebalan tubuh, malah bisa memicu autoimunitas dan masalah kesehatan lainnya," urai Prof Michael.

Follow Berita Okezone di Google News

Oleh karena itu, produk yang mengklaim dapat mendongkrak sistem kekebalan tubuh, biasanya masuk dalam beberapa kategori: formulasi vitamin dan probiotik.

"Ada beberapa kebenaran dengan gagasan bahwa vitamin dapat membantu kekebalan tubuh. Vitamin dapat membantu menangkal penyakit dan masalah kesehatan lainnya, tetapi hanya pada orang yang kekurangan gizi parah," kata Michael Starnbach.

Baca Juga: Selain Vitamin D, 2 Nutrisi Ini Juga Tak Boleh Ketinggalan Loh

Karenanya, bila kondisi Anda sehat, formulasi vitamin tidak akan banyak membantu. Tapi, ketika berbicara tentang probiotik, memang bakteri dan organisme yang hidup di usus bisa jadi berperan penting pada kesehatan Anda.

"Ada banyak penelitian seputar organisme yang hidup di dalam tubuh berkontribusi pada fungsi imunitas. Serta cara organisme tersebut juga bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh," kata Prof Michael Starnbach.

Meski demikian, para ilmuwan mungkin bisa memberi tahu kita cara mencegah penyakit dengan memodifikasi berbagai spesies ini di dalam tubuh kita, dalam membentuk microbiome.

"Saya pikir kita akan menjadi lebih sadar dalam 10 tahun mendatang, tentang cara-cara di mana mikroba spesifik terlibat dalam penyakit tertentu," katanya.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada cukup pemahaman tentang interaksi yang kompleks antara tubuh dan microbiome, dalam menggunakan probiotik untuk meningkatkan kesehatan. "Kami belum memiliki bukti tentang cara memakai suplemen makanan untuk memperbaiki kekurangan gizi yang parah," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini