Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Strategi agar Produk Lokal Tetap Laku di Tengah Pandemi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 620 2239913 strategi-agar-produk-lokal-tetap-laku-di-tengah-pandemi-G6PT1vs6Xs.jpeg Waspada Virus Corona. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya meningkatkan penjualan produk lokal hasil produksi Industri Kecil dan Menengah (IKM) nasional. Salah satu strateginya dengan meluncurkan kampanye #SemuanyaAdaDisini. Dengan begitu diharapkan dapat menumbuhkan industri nasional, agar bertahan di tengah kelesuan perekonomian.

“Kampanye #SemuanyaAdaDisini membawa pesan utama bahwa industri nasional telah mampu menghasilkan produk berkualitas untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita dalam diskusi virtual, dikutip Kamis (2/7/2020).

Baca Juga: Industri Bisa Jadi Ujung Tombak Ekonomi RI, Begini Caranya

Agus menyampaikan, kampanye ini bertujuan untuk mengajak masyarakat agar belanja produk industri dalam negeri, sekaligus mendorong IKM dapat memanfaatkan teknologi digital dalam strategi pemasarannya.

“Kampanye ini didukung sepenuhnya oleh asosiasi, pemerintah daerah, paguyuban dan komunitas industri, dewan kerajinan nasional dan daerah, pelaku industri itu sendiri, serta seluruh masyarakat Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, Indonesia sebagai bangsa yang besar harus mampu bekerjasama untuk mengembangkan produk dalam negeri yang berkualitas.

Baca Juga: 1,6 Miliar Pekerja Informal di Dunia Terdampak Covid-19

“Kampanye #SemuanyaAdaDisini sangat pas,karena menunjukkan optimisme yang tinggi bahwa Indonesia mampu memproduksi kebutuhan sehari-hari kita,” ujarnya.

Dia memaparkan, penjualan secara online, salah satunya melalui market place akan mampu mengakselerasi perputaran ekonomi, menjadi sarana pemerataan ekonomi di seluruh Indonesia, serta menunjukkan keberpihakan bagi produk-produk dalam negeri.

“Sebagaimana arahan Presiden, target kita adalah dua juta UMKM masuk dalam eksositem digital. Hari ini kita sudah memiliki total 8,6 juta yang masuk dalam ekosistem digital. Kita semua telah menunjukkan komitmen dengan memberikan berbagai dukungan bagi UMKM, seperti pelatihan daring, e-learning, hingga relaksasi perizinan,” ujarnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini