Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Setien: Barcelona vs Espanyol Bukan soal Bikin Rival Degradasi

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 620 2243181 setien-barcelona-vs-espanyol-bukan-soal-bikin-rival-degradasi-KSm3xOh3x0.jpg Barcelona tidak peduli soal posisi Espanyol di klasemen (Foto: Barcelona)
A A A

BARCELONA – Derby Catalunya antara Barcelona vs Espanyol siap tersaji di Stadion Camp Nou, Kamis 9 Juli 2020 dini hari WIB. Juru taktik Blaugrana, Quique Setien, yakin posisi kedua kesebelasan tidak berarti banyak pada laga derby seperti ini.

Barcelona dan Espanyol memang terpisah 18 peringkat di klasemen sementara La Liga Spanyol 2019-2020. Jika El Barca duduk di peringkat dua, maka Los Periquitos terjerembab di dasar klasemen. Kedua kesebelasan juga terpaut 49 poin di papan klasemen.

Baca juga: Barcelona vs Espanyol, Misi Kedua Kesebelasan Hindari Nestapa di Camp Nou 

Espanyol sudah berada di jurang degradasi (Foto: Twitter/@RCDEspanyol)

Keunggulan peringkat dan jumlah poin itu kadang tidak berarti banyak pada laga derby. Hal tersebut disadari penuh oleh Quique Setien. Menurut pria berusia 61 tahun itu, laga Barcelona vs Espanyol tetap penting bagi para pemain kendati kedua kesebelasan menghadapi situasi berbeda.

“Posisi di klasemen tidak berarti banyak pada partai derby. Ini adalah laga yang penting buat para pemain. Laga ini akan mengasyikkan,” tutur Quique Setien, sebagaimana dilansir dari situs resmi Barcelona, Rabu (8/7/2020).

Bagi Barcelona, laga tersebut berstatus wajib tiga poin. Selain menjaga gengsi di depan rival sedaerah, Los Cules masih mempertahankan harapan untuk menjuarai Liga Spanyol 2019-2020. Sebab, mereka terpaut empat angka dari Real Madrid yang nangkring di puncak klasemen.

Los Blancos kini mengemas 77 poin dari 34 pertandingan. Kebetulan, Barcelona akan berlaga lebih dulu dibandingkan Real Madrid yang baru merumput pada Sabtu 11 Juli 2020 dini hari WIB menghadapi Alaves. Andai menang atas Espanyol, maka Lionel Messi dan kawan-kawan bisa memepet rivalnya di klasemen.

Follow Berita Okezone di Google News

Poin penuh dari laga Barcelona vs Espanyol bisa saja membuat Real Madrid berada dalam tekanan karena selisih menciut jadi empat angka. Sebaliknya, kegagalan meraih angka penuh bakal membuat armada asuhan Quique Setien itu kian meringis.

Ambisi serupa juga diusung Espanyol. Klub yang berkostum putih biru itu bahkan bisa merasakan nestapa yang lebih parah dari Barcelona andai gagal memetik poin penuh. Sebab, mereka bisa langsung terdegradasi andai kalah.

Menenggelamkan lawan dalam kesedihan tentu bisa menjadi motivasi tersendiri bagi anak-anak Barcelona. Akan tetapi, Quique Setien menampik motivasi tersebut bakal diusung skuadnya ketika berlaga. Menurutnya, situasi Espanyol saat ini merupakan puncak dari sebuah proses jangka panjang.

“Ini bukan soal Barcelona mengirim mereka ke divisi dua. Apa yang mereka rasakan saat ini merupakan proses jangka panjang. Ini merupakan konsekuensi dari sebuah proses yang sedang menuju akhir,” tukas mantan pelatih Real Betis tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini