Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk, Mengenal Lebih Dekat Tradisi Melukat di Bali yang Dijalani Westny DJ

Santi Siera, Jurnalis · Minggu 12 Juli 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 12 620 2245095 yuk-mengenal-lebih-dekat-tradisi-melukat-di-bali-yang-dijalani-westny-dj-lNmF67xftS.jpg Tradisi melukat (Foto: Inst Westnyadj)
A A A

Bali memang kaya dengan beragam keindahan, mulai dari kekayaan alam hingga ragam tradisinya yang unik.

Salah satu tradisi unik yang ada di Bali adalah Melukat atau pembersihan jiwa dan raga. Aktris Westny DJ baru saja mengunggah pengalamannya menjalani tradisi Melukat. Apa itu tradisi Melukat? Yuk kita cari tahu bersama lewat artikel ini.

Seperti dilansir dari Informasi Seputar Bali, Melukat merupakan bagian dari pelaksanaan upacara Manusa Yadnya, yang memiliki tujuan untuk membersihkan dan menyucikan pribadi secara lahir dan batin.

melukat

Maka yang dibersihkan adalah hal negatif dan malapetaka yang diperoleh dari dosa-dosa baik berasal dari sisa perbuatan terdahulu atau Sancita Karmaphala maupun dari perbuatan hidup saat ini.

Melukat merupakan bagian dari pelaksanaan upacara Manusa Yadnya, yang memiliki tujuan untuk membersihkan dan menyucikan pribadi secara lahir dan batin. Yang dibersihkan ialah hal negatif dan malapetaka yang diperoleh dari dosa-dosa baik berasal dari sisa perbuatan terdahulu atau Sancita Karmaphala maupun dari perbuatan hidup saat ini.

Melukat sendiri berasal dari kata Sulukat, dengan "Su" bermakna baik dan "Lukat" yang bermakna penyucian. Secara singkat, Sulukat berarti menyucikan diri untuk memperoleh kebaikan.

Baca juga: Westny DJ Membersihkan Segala Karma Buruk Lewat Tradisi Melukat

Air yang digunakan dalam upacara ini, dianggap mampu membersihkan diri dan pikiran serta menghalau hal-hal negatif. Dalam upacara ini, air juga dipercaya dapat menghilangkan pengaruh kotor atau klesa yang dapat merusak dalam diri manusia.

Follow Berita Okezone di Google News

Tradisi Melukat dilakukan di sumber air khusus yang dipercaya memiliki kemurnian. Biasanya ritual Melukat digelar di Pura Tirta Empul.

Pura Tirta Empul dipilih karena di tempat ini terdapat air yang berasal dari mata air murni. Tak heran jika setelah melakukan ritual upacara Melukat ini, seseorang akan merasa lebih segar.

Tidak hanya umat Hindu di Bali dan masyarakat lokal saja yang boleh melakukan prosesi ini, kamu yang datang sebagai wisatawan pun diperbolehkan ikut serta.

Saat menjalani ritual ini, kamu wajib menggunakan kamen atau semacam sarung adat khas Bali yang biasa dikenakan oleh umat Hindu di Bali saat bersembahyang di dalam pura.

Tapi bagi kamu yang sedang menstruasi tidak diperbolehkan mengikuti upacara Melukat dan juga memasuki area pura.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini