Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penyebaran Virus Corona, Jangan Lupa Semprot Keyboard Komputer dengan Disinfektan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 10:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 620 2245397 cegah-penyebaran-virus-corona-jangan-lupa-semprot-keyboard-komputer-dengan-disinfektan-DMTUvwNoJY.jpg Jangan lupa semprot keyboard dengan disinfektan (Foto: Wellteq)
A A A

Badan Kesehatan Dunia (WHO) membenarkan bahwa virus corona bisa menyebar lewat udara di ruangan tertutup. Dengan fakta ini, tentunya masyarakat diminta untuk lebih waspada, terutama yang sudah melakukan aktivitas seperti biasanya.

Kemungkinan terpapar virus corona bisa saja terjadi ketika Anda sudah mulai beraktivitas. Namun, tentu dengan kondisi tertentu, misalnya tidak disiplin menjalankan protokol kesehatan.

 keyboard laptop

Nah, karena fakta menjelaskan bahwa virus corona dapat menyebar lewat udara di ruangan tertutup, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, menyarankan agar para pekerja kantoran untuk menyemprotkan disinfektan ke area meja kantor sebelum mulai bekerja, termasuk keyboard komputer.

Tindakan ini sebagai upaya meminimalisir risiko penyebaran virus corona di tempat kerja yang mana mungkin saja di area meja kantor itu terkandung virus atau bakteri berbahaya, seperti virus corona misalnya.

"Penting untuk para pekerja kantoran menyemprotkan cairan disinfektan ke keyboard komputer atau meja kantor," papar dr Indah pada Okezone melalui pesan singkat, Senin (13/7/2020).

Dokter Indah menjelaskan, virus itu bisa menetap di benda-benda mati dan dengan menyemprotkan cairan disinfektan, kemungkinan besar virus akan mati. "Walau pada kenyataannya tidak semua virus bisa mati dengan cairan disinfektan," sambungnya.

 Baca juga: Gaya Puput Istri Ahok Ngasuh Baby Yosafat, Sepatu Rp13,7 Juta Curi Perhatian

Dalam kesempatan ini, dr Indah membagikan informasi bahwa ada yang lebih ampuh dari disinfektan, yaitu lysol. Meski begitu, cara pembersihan pun harus benar, jangan asal. Sebab, bukannya niat membunuh virus, yang ada malah mentransfer virus ke area tangan atau tubuh. Malah bahaya, kan?

Follow Berita Okezone di Google News

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini