Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biar Enggak Salah Pilih, Kenali Dua Jenis Rapid Test Covid-19 Lengkap dengan Harganya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 13 Juli 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 13 620 2245827 biar-enggak-salah-pilih-kenali-dua-jenis-rapid-test-covid-19-lengkap-dengan-harganya-SaEhTkIPtI.jpg Rapid Test Covid-19 (Foto : Shutterstock)
A A A

Bicara tentang tes Covid-19, maka saat ini ada beberapa metode pengujian yang bisa dilakukan, Swab Test dan Rapid Test.

Mengenai Rapid Test screening Covid 19, apakah Anda tahu bahwa saat ini terdapat dua pemeriksaan yang dikenal dengan nama pemeriksaan Antibodi IgG IgM dan Tes Serologi? Apakah kedua tes tersebut berbeda?

Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Timur dr Muhammad Irhamsyah, Sp.PK, M.Kes, menjelaskan, kedunya sama, tergolong dalam pemeriksaan Rapid Test Covid-19.

Ia melanjutkan, kedua metode tersebut juga memiliki cara kerja penentuan adanya virus yang sama yaitu dengan mencampurkan Antigen virus (dalam hal ini Antigen spesifik Covid-19) sebagai pemicu peningkatan Antibodi yang ada di spesimen darah manusia.

Lantas apa yang berbeda? Dokter Muhammad Irhamsyah, Sp.PK, M.Kes, punya penjelasannya di sini:

1. Tes Antibodi IgG IgM

Tes Corona

Metode pengujian ini melalui uji tetes spesimen darah yang dikenal dengan nama Rapid Test Antibodi.

Pemeriksaan screening Covid-19 menggunakan metode tetes darah di alat tes ini harus dilakukan secara berkala untuk memastikan saat yang tepat ketika Antibodi IgG IgM terbentuk di dalam tubuh (biasanya pada hari ke-7 seseorang terpapar Covid-19).

Baca Juga : Spirit Mbah Lindu Berjualan Gudeg sejak Zaman Belanda hingga Usia 100 Tahun

Perlu dipahami, hasil pemeriksaan Tes Antibodi IgG IgM ini dikeluarkan sangat cepat hanya dalam waktu 1 jam. Dan laporan pemeriksaan laboratorium bisa dikirimkan kepada pasien dalam waktu 1x24 jam.

"Pemeriksaan yang dikenal dengan nama Rapid Test Antibodi IgG dan IgM ini menggunakan metode immunochromatography dan menggunakan sample serum dan plasma. Sample darah akan dicampur antigen khusus Covid-19 dalam sebuah alat tetes. Jika seseorang terserang virus tertentu, maka akan terjadi peningkatan kadar Antibodi yang ditunjukkan dengan munculnya tanda garis pada alat tetes," terang dia.

Terkait dengan biaya Rapid Test jenis ini, Head of Marketing & Corporate Communication Primaya Hospital Group Hanie Dewita menerangkan, untuk sekarang masih Rp299 ribu. "Tapi, harga tersebut masih kami bahas lebih lanjut untuk mengikuti arahan dari Kemenkes," ungkapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

2. Tes Serologi

Metode yang dikenal dengan Tes Serologi ini merupakan pemeriksaan kadar antibodi terhadap Covid-19 melalui alat mesin yang canggih dengan prinsip ECLIA (Electrochemiluminenscence Immunoassay) menggunakan pancaran cahaya untuk deteksi Antibodi spesifik terhadap Covid-19.

Pemeriksaan tes serologi ini mengatur kadar Antibodi spesifik Covid-19 dengan menggunakan mesin yang sensitivitasnya lebih tinggi (bisa hingga 100%) karena di dalam mesin akan terjadi proses pencucian sehingga hanya tersisa komponen antibodi yang akan menempel bersama label pewarna terhadap Antibodi spesifik Covid-19.

Tes Covid-19

Terkait dengan waktu hasil keluar, pada Tes Serologi, pemeriksaan membutuhkan waktu maksimum 1x24 jam, sehingga hasil laporan pemeriksaan dapat diberikan pada pasien 2x24 jam.

"Pemeriksaan yang dikenal dengan nama pemeriksaan Serologi ini menggunakan metode immunochemiluminescent. Dikerjakan di alat mesin Immunology dan sample yang dipakai dari darah serum," ungkap dr Irhamsyah.

Nah, kalau pemeriksaan Serologi, Hanie menjelaskan, pasien bisa mendapatkan layanan ini dengan harga mulai dari Rp105 ribu. "Bergantung pada jumlah pemeriksaan yang dilakukan," kata Hanie.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini