Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

IAIN Tulungagung Jalin Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Libya

Selasa 14 Juli 2020 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 14 620 2246289 iain-tulungagung-jalin-kerjasama-dengan-perguruan-tinggi-libya-DtoFHjVkjy.JPG Penandatanganan MoU kerjasama IAIN Tulungagung dan Al Rifaq University, Libya (Foto: website Kemenag)
A A A

INSTITUT Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Jawa Timur menjalin kerjasama dengan Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science, Tripoli, Libya.

Sinergitas kedua lembaga pendidikan ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antar dua pimpinan perguruan tinggi, Senin (13/07/2020), di Ruang Rektor IAIN Tulungagung.

Kedua pihak sepakat bersinergi dalam penguatan tri dharma perguruan tinggi, di antaranya melalui pertukaran mahasiswa dan dosen, fasilitasi dosen tamu, penyelenggaraan penelitian bersama dan menjadi narasumber untuk berbagai agenda seminar internasional.

Rektor IAIN Tulungagung, Maftukhin, menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, kerjasama ini penting, baik dari aspek sosial, budaya, keagamaan, dan hal strategis lainnya.

"Kerjasama internasional memiliki arti penting bagi kedua belah pihak. Libya dan Mesir memiliki kesamaan secara sosial, budaya dan keagamaan, serta kemiripan dengan Indonesia," kata Maftukhin, menukil laman Kemenag.go.id.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Tulungagung, Abad Badruzaman berujar, sebagai tindak lanjut dari MoU, sejumlah mahasiswa dari Libya akan melanjutkan studi jenjang Master dan Doktoral di Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Baca juga: Kisah Ajaib Imam Syafi'i Kecil Taklukkan Kawanan Perampok

Kerjasama ini juga membuka kesempatan bagi IAIN Tulungagung untuk bersinergi dengan Mesir, Maroko, Aljazair, dan Sudan.

"Realisasi kerjasama dengan Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science - Tripoli ini adalah ditandai dengan masuknya mahasiswa dari Libya untuk melanjutkan studi di Pascasarjana IAIN Tulungagung pada tahun akademik mendatang," ujar Badruzaman.

Kerjasama IAIN Tulungagung dengan Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science - Tripoli ini berawal saat Pascasarjana IAIN Tulungagung mengadakan kegiatan seminar berbahasa Arab dengan narasumber dari Al Rifaq.

Dari situlah terjalin komunikasi antar lembaga yang cukup intens hingga mengerucut pada jalinan kerja sama.

Follow Berita Okezone di Google News

Kerjasama IAIN Tulungagung dengan Al Rifaq University for Humanitarian and Applied Science - Tripoli sekaligus menjadi pembuka kerjasama IAIN Tulungagung di kawasan Afrika.

Sinergitas tersebut diharapkan dapat membuka kesempatan bagi IAIN Tulungagung untuk memperkuat kerjasama ke sejumlah negara lain di Afrika seperti Mesir, Maroko, Aljazair, Sudan.

Kendati dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Namun proses pembicaraan dan penandatanganan kerjasama ini tetap dilakukan dengan implementasi protokol kesehatan yang ketat sesuai standar WHO.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini