Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Minta Pemda Update Data Kemiskinan

Michelle Natalia, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 620 2247356 sri-mulyani-minta-pemda-update-data-kemiskinan-HgylPq6vCR.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani (Okezone)
A A A

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus melakukan perbaruan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Pasalnya, Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk memperbaruan data tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan telah berkomunikasi dengan Menteri Sosial Juliari Batubara dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Di mana, Sri Mulyani meminta untukmenyiapkan insentif untuk pemerintah daerah.

 Baca juga: Bank Dunia Beri 3 Resep Pemulihan Ekonomi untuk Indonesia

"Kami meminta Kemensos dan Kemendagri untuk bisa memberikan insentif kepada pemerintah daerah dan Kemenkeu mendorong, mendukung pemberian insentif atau warning kepada pemda agar mereka bisa meng-update data dari rumah tangga yang membutuhkan dukungan dan mereka bisa diidentifikasi dan datanya bisa ditingkatkan," kata Sri Mulyani saat mengikuti diskusi World Bank mengenai Indonesia Economic Prospect Report secara virtual, Kamis (16/7/2020).

Dia mengatakan, pandemi seperti ini menjadi momen penting untuk memperbaiki data penerima perlindungan sosial. Hal ini agar ke depannya menjadi lebih tepat sasaran dan tidak tumpang tindih antara program satu dengan yang lainnya.

 Baca juga: Cerita Menko Airlangga soal Covid-19: Ekonomi Sempat Berhenti hingga Digitalisasi Bisnis

"Dan saya setuju area pemerintah Indonesia ini butuh ditingkatkan lagi, desentralisasi dan otonomi Indonesia memberikan tanggung jawab lebih bagi pemda untuk update data kelompok atau keluarga miskin dan data ini diupdate terkini sehingga ada krisis tidak ada data terbaru," katanya.

Lead Economist World Bank Indonesia, Frederico Gil Sander, menambahkan penerima bansos yang dikucurkan pemerintah harus dipastikan tepat sasaran. Selain itu, kelompok penerima harus diperluas agar bisa mengantisipasi terjadinya lonjakan kemiskinan.

 Baca juga: Warning Anies soal Emergency Break, Dilema antara Ancaman Covid-19 dan Ekonomi

"Yang penting tingkatkan bantuan sosial untuk menjaga atau melindungi hajat hidup orang banyak. Bagaimana pemerintah berekspansi sehingga memberikan perlindungan lebih banyak lagi, terutama pada orang yang terdampak hidupnya," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini