Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

MTQ Nasional 2020 Digelar November di Sumbar, Pakai Protokol Kesehatan

Kamis 16 Juli 2020 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 620 2247419 mtq-nasional-2020-digelar-november-di-sumbar-pakai-protokol-kesehatan-ia6Dj4VLvv.jpg Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang (Okezone.com/Rus Akbar)
A A A

JAKARTA – Pemerintah memutuskan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XXVIII digelar pada November 2020 di Sumatera Barat. MTQ ini akan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Event Nasional MTQ XXVIII di Sumatera Barat tetap dilaksanakan. Tolong ditata dengan baik pelaksanaan MTQ Nasional XXVIII di Sumbar. Kalau ditata dengan baik, semua pasti bisa," kata Menteri Agama Fachrul Razi, Kamis (16/7/2020).

Hal itu disampaikannya usai menerima laporan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan rombongan di Kantor Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Baca juga: Jalani Taaruf, 5 Artis Muda Ini Pilih Menikah Tanpa Berpacaran

Menag mengingatkan pandemi Covid-19 belum tuntas dan masyarakat saat ini berada pada tahap adaptasi kebiasaan baru, sehingga MTQN nanti menerapkan protokol kesehatan. "Antisipasi dan aspek protokol kesehatan sangat penting, karena peserta dari seluruh Indonesia,” ujar dia.

Penerapan protokol kesehatan, lanjut Menag, harus dilakuakn sejak sebelum peserta dari berangkat dari provinsinya masing-masing. Karenanya, sosialisasi menjadi penting. Protokol kesehatan juga harus diterapkan saat kontingen sampai di lokasi.

“Ini moment besar, dan semua pihak akan berpartisipasi, dan kita akan tekankan kepada kementerian atau lembaga terkait untuk mensukseskan acara MTQ ini. Sumbar sudah siap, dan ke depan untuk sama-sama mengajak masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan,” ujar Fachrul Razi seperti dikutip dari laman Kemenag.

Menag juga menegaskan agar semua panitia dan pihak yang terlibat pada MTQ Nasional XXVIII ini mematuhi protokol kesehatan.

“Kesiapan yang sudah baik, dan pematangan kesiapan secara teknis terkait protokol kesehatan. Moment MTQ XXVIII ini juga menjadi ajang menuangkan inovasi-inovasi terkait MTQ Nasional di tengah Covid-19. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” ujar Menag.

Baca juga: Mengenal Sarah Al Amiri, Muslimah Cantik di Balik Misi Arab Terbang ke Mars

Dalam pertemuan, selain Irwan Prayitno, juga hadir Sekda Sumbar Alwis, Karo Bintal Kesra Sumbar Syaifullah dan Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri Bukhari. Dari Kementerian Agama hadir juga Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Sekretaris Dirjen Bimas Islam Tarmizi Tohor, Direktur Urais Muhammad Agus Salim, Direktur Penais Juraidi dan jajaran Ditjen Bimas Islam lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini