Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebaran Covid-19 Airborne, Dokter: Masih Lemah Teorinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 16 Juli 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 16 620 2247553 penyebaran-covid-19-airborne-dokter-masih-lemah-teorinya-vFmItVmmil.jpg Risiko penularan airborne Covid-19 di kantor (Foto : Healthline)
A A A

Masyarakat mulai mengkhawatirkan informasi mengenai virus corona menyebar lewat udara atau airborne. Kabar ini menyeruak setelah ratusan peneliti mendesak Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengubah pencegahan Covid-19 yang sudah ada sekarang dengan menambahkan langkah pencegahan penyebaran virus melalui udara.

Beberapa hari setelah surat terbuka itu diterima WHO, kabar mengejutkan keluar, WHO membenarkan virus corona menyebar lewat udara di ruangan tertutup. Hal ini semakin memberi rasa was-was pada masyarakat, khususnya yang sudah kembali beraktivitas dan bekerja di dalam ruangan tertutup.

Cegah Covid-19

Tapi, apakah virus corona benar menyebar lewat udara? Lalu, apakah ruangan ber-AC sentral masuk dalam kategori ruangan dengan sirkulasi buruk?

Baca Juga : Pesona Jessica Jane, Adik Jess No Limit yang Hatinya Hancur Diselingkuhi Ericko Lim

Diterangkan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, informasi mengenai penyebaran virus corona lewat udara memang sudah sampai ke telinga para dokter internist yang juga dekat dengan pasien Covid-19. Tapi, menurutnya, sampai sekarang teori tersebut masih lemah dan masih dipertanyakan para ahli.

"Banyak ahli yang bilang bahwa teori virus corona menyebar lewat udara itu sebenarnya bukan karena AC-nya, tapi masalah physical distancing di ruang tertutup dan ventilasi ruangan tersebut yang buruk," tegasnya pada Okezone melalui pesan singkat, Kamis (16/7/2020).

Dokter Indah meyakini sikapnya itu karena sampai sekarang pun belum ada penelitian lain yang mengonfirmasi soal hipotesis (virus corona menyebar lewat udara). "Dengan intervensi di bias-bias tadi, ya, soal physical distancing dan ventilasi, maksud saya," tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Terkait dengan risiko berada di dalam ruangan AC sentral, dr Indah tak menampik bahwa ruangan dengan fasilitas tersebut lebih berisiko. Sebab, virus corona yang ada di udara bebas bisa 'jauh jalannya'.

Tapi, tidak kemudian membuat AC sentral pun menjadi faktor utama dari penyebaran virus corona dalam kasus pandemi global. Sebab, kalau memang itu bagian dari penyebab masih adanya penyebaran virus corona, kenapa angkanya tidak naik drastis.

Cegah Covid-19

"Kata ahli-ahli, kalau karena AC (virus corona menyebar), jumlah kasusnya harusnya berkali-kali lipat dong sekarang. Penambahan kasusnya juga harusnya jauh lebih banyak dibandingkan musim-musim 'dingin' kemarin," ujarnya.

"Jadi, bisa dikatakan bahwa teori menyebar lewat udara itu masih lemah banget, karena memang belum terbukti pasti bahwa virus corona ini airborne. Masih droplet yang jadi biang keladinya," tambah dr Indah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini