Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, Ini 4 Area di Kantor yang Rentan Terjadi Penularan Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Juli 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 21 620 2249683 waspada-ini-4-area-di-kantor-yang-rentan-terjadi-penularan-covid-19-3qYOpUqlQR.jpg Pantry jadi salah satu tempat berpotensi terjadi penularan Covid-19 (Foto : Gcregalo)
A A A

Pemerintah belakangan ini fokus pada pencegahan penyebaran Covid-19 di kantor. Karena itu, jangan heran kalau Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto sering menyinggung Covid-19 di kantor.

Salah satu kekhawatiran yang banyak dikeluhkan adalah sulitnya jaga jarak dengan karyawan lain atau lepas masker di dalam kantor. Dengan kondisi tersebut, risiko klaster baru Covid-19 mungkin bisa terjadi di kantor.

Nah, ada beberapa area kantor yang dicurigai jadi spot tidak mematuhi protokol kesehatan. Hal itu berkaitan dengan Anda mau tidak mau melepas masker ataupun sulit menjaga jarak.

Baca Juga : Penyebab Cryptic Pregnany yang Bikin Perempuan di Tasik Hamil Satu Jam Lalu Melahirkan

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani, SpPD, coba menuturkan pada Okezone 4 area di kantor yang sulit buat Anda menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Sebelumnya, dr Indah menegaskan bahwa kantor bukan tempat paling rawan penyebaran Covid-19. Meski begitu, tetap waspada adalah pilihan yang tepat di tengah situasi pandemi ini.

So, berikut 4 lokasi yang berisiko terjadinya penyebaran virus corona:

1. Lift

Lift

Di tempat ini Anda mau tidak mau akan berada bersama setidaknya 5 orang dengan jarak yang tak begitu jauh. Meski pengelola gedung sudah memberikan arahan posisi berdiri, tampaknya hal itu tak cukup digubris masyarakat.

2. Pantry

Di lokasi ini Anda mau tidak mau melepaskan masker, karena mau makan dan minum. Karena pantry kantor juga biasanya ada di dalam ruangan, ini menjadi faktor risiko yang perlu diwaspadai masyarakat.

Sesuai dengan pesan Yurianto, gunakan waktu makan siang hanya untuk menghabiskan makanan dan minuman, segera bersihkan alat makan, gunakan kembali masker setelah makan selesai, dan tinggalkan pantry sesegera mungkin jika urusan makan selesai.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Kamar mandi

Kamar Mandi

Lokasi ini pun jadi salah satu area yang cukup berisiko. Sebab, di sini Anda akan bersinggungan dengan orang lain yang mungkin saja membawa virus. Kondisi akan semakin mengkhawatirkan ketika Anda mesti mengantri di dalam kamar mandi untuk bisa masuk ‘bilik’. Dengan begitu, waktu Anda akan lebih lama di dalam kamar mandi.

Dokter Indah menyarankan agar tidak menggunakan makeup di kamar mandi, karena bukan hanya soal Anda membuka masker untuk mengulas kembali bedak atau lipstik, tetapi juga membiarkan alat kosmetik terpapar virus yang mungkin melayang di udara.

4. Ruang meeting

Ya, ruang meeting jadi bagian daru area kantor yang mesti diwaspadai. Jangan mengonsumsi makanan saat rapat karena itu membuat Anda melepas masker dan tidak bisa menjamin makanan aman dari bakteri atau virus.

Pakar Kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD, mengimbau agar memilih tempat rapat itu yang memiliki ventilasi udara baik, sirkulasi udara berjalan lancar, dan tidak penuh sesak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini