Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kabin Pesawat Aman dari Penyebaran Corona? Bos Garuda Bikin Pengakuan

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2020 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 24 620 2251557 kabin-pesawat-aman-dari-penyebaran-corona-bos-garuda-bikin-pengakuan-T5raR8r3dU.jpg Virus Corona (Foto: WebMD)
A A A

JAKARTA - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) mengklaim sirkulasi udara di kabin pesawat memiliki mekanisme penyaring yang dapat membunuh virus. Hal itu diungkapkan Direktur Utama Garuda, Irfan Setiaputra menyusul kabar risiko penularan virus corona lebih tinggi jika berada di ruangan tertutup.

Irfan mengatakan, ada persepsi orang bahwa di dalam ruangan tertutup sangat tidak aman karena potensi penularan Covid-19 jahu lebih muda. Kata dia, hal itu tidak berlaku di kabin pesawat Garuda.

"Penyebaran virus di pesawat itu kecil kalau mau dibilang enggak ada. Kita punya mekanisme sirkulasi udara dalam kabin, ini memastikan saja bahwa sirkulasi udara di dalam kabin pesawat itu dibersihkan dan ini memungkinkan pertukaran udara di pesawat itu vertikal, bahkan dapat membunuh virus," ujar Irfan, Jumat (24/7/2020).

Baca Juga: Lebih dari 400 Karyawan Pensiun Dini, Bos Garuda: Alhamdulillah 

Irfan menjelaskan, udara yang turun ke bawah langsung dibersihkan menggunakan penyaring partikel yang kuat atau HEPA (High-Efficiency Particulate Air). Kemudian udara dipanaskan sehingga virus atau bakteri yang ada di udara mati. Lalu udara kembali dialirkan setelah melewati tahapan ini. Secara teori, kata Irfan filter udara ini mampu membersihkan udara yang hingga 95 persen.

Bahkan, dia menegaskan, jika mekanisme sirkulasi udara seperti itu bukan hal baru dalam industri penerbangan. Penggunaan filter Hepa telah lama digunakan dan bagian dari standar penerbangan dunia. "Saya makin yakin penyebaran dalam pesawat itu kecil," kata dia.

Baca Juga: Garuda Indonesia Fokus ke Bisnis Kargo, Tak Lagi Layani Penumpang? 

Untuk membuat kondisi pesawat lebih kondusif, aman, dan nyaman bagi penumpang, lanjut Irfan, pihaknya tetap memastikan penerapan protokol kesehatan di bandara dan pesawat diterapkan secara baik dan benar. "Kondisi ini membuat kita punya protokol baru untuk terbang, saat ini ada tambahan protokol kesehatan," kata Irfan.

Follow Berita Okezone di Google News

(dni)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini