Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Klaster Perkantoran Makin Banyak, Dokter Reisa Berbagi Tips Cegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Kerja

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 25 Juli 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 25 620 2251953 klaster-perkantoran-makin-banyak-dokter-reisa-berbagi-tips-cegah-penyebaran-covid-19-di-tempat-kerja-QqBgDnaC0y.jpg Ilustrasi. (Freepik)
A A A

AREA gedung-gedung perkantoran mulai memperlihatkan bukti baru sebagai tempat penyebaran Covid-19. Belum lama ini, ditemukan kasus Covid-19 di beberapa kantor instansi hingga bidang komunikasi media massa.

Penyebaran Covid-19 di gedung perkantoran tentu menjadi kekhawatiran besar bagi para pekerja. Apalagi Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan pernyataan bahwa ruangan kantor dengan ventilasi buruk bisa jadi area penyebaran virus corona.

Maka, guna menghindari penyebaran Covid-19 di perkantoran, sangat disarankan agar ruangan kerja jangan tertutup rapat dan sirkulasi udara berjalan baik. Selain itu, banyak di antara sudah tidak work from home (WFH) dan itu berarti para karyawan mesti lakukan proteksi lebih agar tidak terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: Biar Enggak Bawa Virus Corona ke Rumah dari Kantor, Ada 6 Caranya Loh

kantor

Maka, diperlukan langkah-langkah konkrit agar saat bekerja, Anda tidak merasa khawatir terpapar virus corona. Melalui siaran langsung di Graha BNPB beberapa waktu lalu, Dokter cantik Reisa Broto Asmoro punya saran jitu untuk Anda. Seperti apa?

1. Ventilasi atau sirkulasi udara dalam ruangan harus benar-benar diperhatikan, maka pastikan ruang kerja atau ruang tempat kita beraktivitas memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari.

2. Pastikan menjaga jarak di dalam ruangan dan hindari ruangan yang terlalu banyak orang.

3.Selalu pakai masker, selama berada di luar rumah atau di tempat umum termasuk di ruang kantor.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Hindari memegang permukaan benda yang kotor dan digunakan bersama denan orang lain. Segera mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan hand sanitiser bila terlanjur memegang permukaan benda tersebut.

Baca Juga: Bahaya Ibu Hamil Makan Pakai Wadah Plastik

Jangan menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi. Ingat mata memiliki saluran langsung menuju pernapasan. Artinya mata bisa menjadi jalur masuknya virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 ini.

5. Bersihkan permukaan-permukaan benda yang ada di sekitar ruangan kerja, termasuk meja kerja Anda, dengan cairan desinfektan secara teratur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini