Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Positif Corona Tembus 100 Ribu, Pemerintah Ungkap 8 Klaster Penyebarannya

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 27 Juli 2020 18:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 27 620 2252898 kasus-positif-corona-tembus-100-ribu-pemerintah-ungkap-8-klaster-penyebarannya-IQ2UTlS7F1.jpg Ilustrasi. Foto: Okezone
A A A

JAKARTA – Berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, jumlah warga yang terinfeksi virus corona mencapai 100.303, pasien sembuh 58.173 orang, dan yang meninggal dunia 4.838.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memaparkan, sedikitnya ada delapan tempat yang menjadi kluster penyebaran virus corona saat ini.

Klaster tersebut yakni klaster pasar/tempat pelelangan ikan, pesantren, transmisi lokal, fasilitas kesehatan (faskes), acara seminar, mal, tempat ibadah, dan perkantoran.

"Sekarang marak perkantoran di mana ada kenaikan kasus dari klaster perkantoran," kata Wiku saat jumpa pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (27/7/2020).

"Mohon petugas dikerahkan disiplin warga atau orang yang bekerja di situ karena untuk inilah kita kerja sama menekan kasus sehingga kluster ini tidak menonjol lagi," imbuhnya.

Baca Juga:  Covid-19, Kasus Meninggal di Jatim Lebih dari 2 Kali Lipatnya Kasus di Jakarta 

Wiku menuturkan, perubahan perilaku adalah kunci untuk memutus mata rantai penularan corona. Dengan sikap tersebut maka setiap orang bisa menjaga dirinya sendiri dan orang lain.

"Perubahan perilaku sangat utama untuk itu pastikan saudara sekalian memakai masker dan tidak boleh lengah menjalankan protokol kesehatan, kami paham memakai masker mungkin tidak nyaman tapi sangat penting untuk perbaikan kita bersama," jelasnya.

Sebelumnya dikabarkan sejumlah pasar dan kantor sempat tutup karena terdapat warga yang virus corona. Contohnya di Jakarta Pasar Minggu sempat tutup 3 hari, kemudian kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN) juga tutup beberapa hari karena kasus serupa.

Baca Juga:  10 Provinsi Tak Ada Penambahan Kasus Positif Covid-19 Hari Ini 

Selanjutnya di Jawa Timur terdapat kantor RRI dan TVRI karena sejumlah karyawan dinyatakan terinfeksi virus Covid-19.

Follow Berita Okezone di Google News

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini