Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menag Imbau Perbanyak Daging Kurban untuk Warga Terdampak Covid-19

Jum'at 31 Juli 2020 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 620 2255070 menag-imbau-perbanyak-daging-kurban-untuk-warga-terdampak-covid-19-8xApYS4VMv.jpg Menteri Agama Fachrul Razi. (Foto: Istimewa/Youtube BNPB)
A A A

PERAYAAN Idul Adha 1441 Hijriah dilalui umat Islam Indonesia dan banyak negara dengan situasi berbeda. Virus corona (covid-19) masih mewabah secara global hingga menyebabkan banyak orang terdampak.

Terkait hal itu, Menteri Agama Fachrul Razi mengimbau agar ibadah penyembelihan hewan kurban agar memerhatikan kondisi saat ini. Selain diminta menaati protokol kesehatan, umat Islam juga diimbau memperbanyak porsi daging kurban bagi fakir miskin dan masyarakat terdampak covid-19.

Baca juga: Idul Adha di Tengah Pandemi, Jokowi Ajak Lebih Peduli Sesama 

"Untuk kali ini, karena sebagian besar masyarakat sedang susah akibat terdampak covid-19, sebaiknya sebanyak mungkin daging kurban itu kita berikan kepada fakir miskin dan masyarakat yang terdampak," ungkap Menag di Graha BNPB, Kamis 30 Juli 2020, dikutip dari Kemenag.go.id.

Hal ini, menurut Menag, bertujuan meningkatkan kedermawanan kaum Muslim. Meskipun secara syariat daging kurban boleh dimakan oleh sohibul kurban dan keluarga, termasuk dibagikan kepada tetangga dan handaitaulan.

Baca juga: KH Ma'ruf Amin: Mari Ambil Ibrah dari Pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail 

Sapi kurban Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

Menag menambahkan, kedermawanan dan kepedulian sosial perlu ditingkatkan untuk meringankan beban masyarakat, terutama di tengah kondisi pandemi covid-19.

"Mari kita terus berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, semoga wabah covid-19 ini segera berakhir dan hilang dari negeri Indonesia dan seluruh belahan dunia, serta kita mampu menjadikan Idul Adha sebagai momentum untuk mengantarkan pribadi yang semakin saleh dan rela berkurban untuk sesuatu yang lebih baik dan mulia," jelasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini