Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Cara Alami Mengatasi Kolesterol Tinggi Usai Santap Daging Kurban

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 31 620 2255145 10-cara-alami-mengatasi-kolesterol-tinggi-usai-santap-daging-kurban-22esZlxSl1.jpg Konsumsi serat bantu turunkan kolesterol tinggi (Foto : Boldsky)
A A A

Memasak daging hewan kurban menjadi aneka makanan yang nikmat tentu sangat menyenangkan. Namun berhati-hatilah dengan kenaikan kolesterol akibat konsumsi daging berlebihan usai Idul Adha.

Bagi Anda yang khawatir dengan kondisi tersebut usai mengonsumsi daging, berikut 10 cara alami yang paling mudah untuk menurunkan kolesterol menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, Dr Suzanne Steinbaum.

1. Hindari lemak trans

Lemak trans akan meningkatkan LDL dan menurunkan HDL Anda. Hal ini akan meningkatkan risiko terserang penyakit jantung dan stroke. Kandungan ini sulit dihindari karena banyak ditemukan pada makanan yang digoreng, dipanggang dan dilumuri margarin.

2. Turunkan berat badan

Anda tidak perlu menurunkan banyak bobot berat badan untuk menurunkan kolesterol. Turunkan 4,5 kg bobot tubuh, Anda akan mengurangi LDL hingga 8 persen. Tetapi untuk mengurangi berat badan, Anda harus melakukannya seiring dengan waktu.

Berat Badan

3. Selalu bergerak

Berolahraga sekiranya 2,5 jam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan HDL, LDL dan trigliserida. Jika Anda belum terbiasa cobalah dengan perlahan selama 10 menit beraktivitas.

Baca Juga : Intip Pemotretan Anya Geraldine yang Curi Perhatian, Perutnya Bikin Gagal Fokus!

4. Konsumsi makanan berserat

Oatmeal, apel, plum dan kacang tinggi serat dapat menyerap kolesterol dalam tubuh Anda. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lima hingga 10 gram lebih banyak serat setiap hari menyebabkan penurunan LDL. Selain itu makanan berserat juga akan membuat perut terasa lebih kenyang.

5. Konsumsi Ikan

Cobalah mengonsumsi ikan dua sampai empat ekor setiap minggunya. Tidak hanya lemak, namun kandungan omega 3 pada ikan dapat menggantikan daging merah. Ikan dapat menurunkan kolesterol dengan mengurangi penyerapan tubuh terhadap lemak jenuh.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Menggunakan minyak zaitun

Mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun dapat mengurangi kolesterol LDL sebanyak 15 persen yang memiliki efek seperti meminum dosis rendah obat. Minyak zaitun juga memiliki manfaat positif bagi Hati Anda.

Minyak Zaitun

7. Bersikap tenang

Stres juga bisa meningkatkan kolesterol. Temukan perasaan yang baik tentang pekerjaan atau rekan Anda, maka hal itu dapat membantu mengendalikan kolesterol.

8. Konsumsi beberapa bumbu dapur

Rempah-rempah seperti bawang putih, jahe, lada hitam, ketumbar dan kayu manis lebih dari sekadar bumbu bagi masakan Anda. Mengonsumsi setengah hingga aatu siung bawang putih bisa menurunkan kolesterol Anda hingga 9 persen.

Kayu Manis

9. Berhenti merokok

Merokok dapat meningkatkan LDL dan menurunkan HDL. Dalam sebuah penelitian berhenti merokok dapat meningkatkan kolesterol baik sebanyak 5 persen dalam satu tahun. Menghirup asap rokok juga akan mempengaruhi kolesterol jahat.

10. Tertawa

Tertawa dapat meningkatkan HDL. Semakin banyak tertawa justru akan semakin baik. Anda bisa menonton film komedi, membaca cerita lucu atau melihat meme konyol di media sosial, dikutip dari WebMd, Jumat (31/7/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini