Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadi Pranoto Klaim Temukan Obat Covid-19, Achmad Yurianto: Temuan Enggak Jelas!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 21:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 620 2255829 hadi-pranoto-klaim-temukan-obat-covid-19-achmad-yurianto-temuan-enggak-jelas-jutHmaAB6t.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)
A A A

NAMA Hadi Pranoto tengah menjadi sorotan publik setelah muncul dalam video yang diunggah oleh penyanyi sekaligus YouTuber Anji Manji. Pada awal video, Anji mengatakan bahwa dirinya sampai harus menyambangi Pulau Tegal Mas di Lampung, hanya untuk berdiskusi dengan Hadi Pranoto.

Hal itu tidak terlepas dari fakta bahwa, nama Prof. Hadi Pranoto cukup sulit untuk ditelusuri di internet. Meskipun ada, hanya sedikit artikel dan informasi lain yang mencantumkan namanya.

Baca Juga: Fakta Menarik: Protokol Kesehatan Covid-19 Sudah Diterapkan Sejak Flu Spanyol 1918

corona

"Nama Prof. Hadi Pranoto sulit sekali dicari di internet. Ada tapi sedikit sekali. Padahal sejak bulan Mei beliau sudah menemukan Antibodi Covid-19 ini," tulis Anji dalam keterangan video tersebut.

Tak hanya itu, Anji juga menyisipkan sebuah informasi yang sukses memicu kontroversi di kalangan netizen Indonesia. Disebutkan bahwa obat atau antibodi yang diciptakan Hadi Pranoto sudah terbukti menyembuhkan banyak orang.

"Dan dari apa yang dia katakan, Antibodi Covid-19 ini sudah terbukti menyembuhkan banyak orang. Menurut berita yang saya baca, Wisma Atlet pun mendapat pasokan obat ini dan pasien terbukti sembuh," timpal Anji.

Follow Berita Okezone di Google News

Lantas, seperti apa pernyataan Prof. Hadi Pranoto yang sukses menggemparkan jagad maya? Saat memperkenalkan diri, Hadi Pranoto mengatakan bahwa selama ini dia berprofesi sebagai seorang pakar Mikrobiologi.

Hadi Pranoto kemudian mengaku telah menemukan obat untuk mengobati virus corona atau Covid-19. Obat tersebut mengandung beberapa kandungan yang diklaim ampuh membunuh Covid-19.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh, Apa Saja?

"Ya, ini berupa cairan. Tapi dalam cairan itu terkandung beberapa kandungan yang bisa membunuh Covid-19," kata Hadi Pranoto di dalam video di kanal YouTube Anji berjudul 'Bisa Kembali Normal? Obat Covid-19 Sudah Ditemukan!'.

Tak berhenti di situ, Hadi Pranoto mengklaim obat tersebut telah menyembuhkan ribuan orang yang positif tertular virus corona.

"Alhamdulillah sudah ribuan orang yang kita sembuhkan. Yang sudah terinfeksi maupun masih gejala, dan juga pencegahan, sudah kita berikan herbal Antibodi Covid-19 ini. Alhamdulillah semuanya sembuh dan sehat,"ungkapnya.

Pernyataan itu rupanya menimbulkan pro dan kontra di tengah publik. Tak sedikit pula pakar kesehatan yang angkat bicara mengkritisi video Anji. Video tersebut dinilai berpotensi menyesatkan masyarakat.

Seperti pernyataan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto. Mantan Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 itu menyebut temuan yang disampaikan oleh Hadi Pranoto itu 'tidak jelas'.

"Temuan gak jelas. Sebetulnya tidak ada yang perlu dikutip pernyataan saya, apalagi untuk hal yang enggak jelas," ujarnya saat dihubungi via sambungan telefon, Minggu (2/8/2020).

Baca Juga: Waspadai Ancaman Hipertensi di Tengah Pandemi Covid-19

Waspadai Ancaman Hipertensi di Tengah Pandemi Covid-Waspadai Ancaman Hipertensi di Tengah Pandemi Covid-19

corona

Yuri juga sempat menyinggung rekam jejak Hadi Pranoto. Dia mengaku tidak dapat menemukan informasi tentang keahlian dan hasil penelitian Hadi Pranoto di situs pencarian Google.

"Cari dulu siapa profesor itu. Saya pribadi gak nemu di Google, termasuk tentang keahliannya," kata Yuri.

Dia pun mengimbau masyarakat Indonesia untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah dikeluarkan pemerintah maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Ikuti protokol kesehatan. Kalau sakit berobat ke rumah sakit," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini