Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Amonium Nitrat bagi Kesehatan, Iritasi Serius hingga Kematian

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 06 620 2257846 bahaya-amonium-nitrat-bagi-kesehatan-iritasi-serius-hingga-kematian-Amw8GFyLc1.jpg Ilustrasi. (Freepik)
A A A

LEDAKAN dahsyat yang terjadi di sebuah pelabuhan di Beirut, Lebanon, menewaskan lebih dari 100 orang dan melukai setidaknya 4.000 warga. Menurut beberapa sumber, ledakan bombastis tersebut bersumber dari unit penyimpanan yang menampung amonium nitrat dalam jumlah besar.

Gegara ledakan yang bersumber dari amonium nitrat tersebut, Beirut porak poranda. Pada ledakan pertama, api besar muncul hingga terlihat kembang api. Tak lama berselang, terjadi ledakan super besar hingga membuat 'jamur raksasa' di langit Beirut, Lebanon yang kemudian membuat getaran luar biasa di seluruh kota hingga meratakan bangunan.

Baca Juga: Apa Itu Amonium Nitrat?

nitrat

Amonium nitrat merupakan garam yang terbuat dari amonium dan asam nitrat. Garam ini tidak seperti garam dapur biasa, karena amonium nitrat sangat mudah meledak. Karena itu, garam yang satu ini kerap menjadi bahan baku peracikan bom.

Dilansir dari Live Science, semakin banyak kandungan amonium nitrat di dalam bom, semakin besar daya ledaknya. Itu bisa dilihat dari apa yang terjadi di Beirut, Lebanon. Perdana Menteri Lebanon, Hassan Diab, mengatakan jumlah amonium nitrat yang meledak lebih dari 2.900 ton. Menurut Washington Post, pelabuhan di Beirut itu sudah menyimpan amonium nitrat sejak 2014.

Follow Berita Okezone di Google News

Terlepas dari itu ledakan dahsyat, masyarakat mesti tahu bahwa amoniun nitrat memang berbahaya ketika terpapar ke tubuh manusia, apalagi dalam jumlah yang sangat besar. Dikatakan dalam laman Nortech Labs, dalam takaran yang normal, amonium nitrat tidak berbahaya.

Namun, ketika seseorang terpapar amonium nitrat atau bahkan hanya debunya saja tapi dalam jumlah yang sangat besar, berpotensi mengalami iritasi pernapasan berat. Iritasi tersebut menyebabkan seseorang batuk, sesak napas, sakit tenggorokan, bahkan menyebabkan kematian.

Baca Juga: 5 Makanan Pereda Asam Lambung, Tak Perlu Minum Obat

Jika amonium nitrat sampai tertelan, reaksi tubuh yang terjadi adalah pusing, sakit kepala, sakit perut, muntah-muntah, diare berdarah, tubuh menjadi sangat lemah, sensasi kesemutan, penyimpangan sirkulasi dan jantung, kejang-kejang, pingsan, hingga kematian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini