Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Airlangga Sebut Buah-buahan Bisa Percepat Pemulihan Ekonomi

Rina Anggraeni, Jurnalis · Selasa 11 Agustus 2020 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 11 620 2260209 menko-airlangga-sebut-buah-buahan-bisa-percepat-pemulihan-ekonomi-s1X74cNM9K.jpg Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Okezone.com/Kemenko)

JAKARTA - Pemerintah meluncurkan Gelar Buah Nusantara (GBN) 2020. Acara tersebut dibuat untuk mensosialisasikan buah asli nusantara kepada masyarakat dalam rangka mengurangi konsumsi buah impor.

Adapun gelaran ini sejalan dengan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sejak Mei lalu.

Menurut Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengkonsumsi buah-buahan bisa meningkatkan imunitas dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Baru 21,9%

"Sektor buah-buahan ini mempunyai efek terhadap peningkatan imunitas daripada individu, sehingga tentu banyak mengandung vitamin C , dan kita dorong ini untuk terus ditingkatkan," kata Airlangga dalam video yang diunggah Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Selasa (11/8/2020).

Dia melanjutkan, pertanian khususnya buah-buahan menjadi andalan di masa pandemi Covid-19 karena potensi ekspornya justru meningkat.

"Kita melihat bahwa potensi dari manggis, nanas, pisang, salak, mangga itu ekspornya cukup bagus dan tentunya ini kita akan dorong terus terutama pengembangan kawasan industri holtikultura dan itu tentunya potensi-potensi ini bisa meningkat terus dan terbukti dalam situasi Covid ekspor daripada buah-buahan naik 73,4%," katanya.

Baca Juga: Emak-Emak dan Korban PHK Dapat Pinjaman Bunga 0%

Dia berharap, program ini dapat terus digulirkan dan dapat menjadi gerakan berkelanjutan sehingga menjadi momentum kebangkitan buah nusantara. Juga turut memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk mencintai produk buah lokal.

"Serta meningkatkan konsumsi buah nusantara dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional,”tandasnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini