Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sholat Jumat, Ini Adab Masuk dan Keluar Masjid

Jum'at 14 Agustus 2020 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 620 2262094 sholat-jumat-ini-adab-masuk-dan-keluar-masjid-j6mYMgSZ51.jpg Sholat Jumat di Masjid Agung Al Bakarah Bekasi (Okezone.com/Heru)

SHOLAT Jumat hukumnya wajib bagi tiap muslim dewasa, berakal dan tidak sedang dalam keadaan musafir. Sholat Jumat dilakukan berjamaah, bisa di masjid, ruangan besar atau lapangan terbuka.

Tapi, Sholat Jumat di masjid lebih utama dan fadilahnya lebih banyak, ketimbang di lapangan atau ruangan lain. Salah satunya di masjid bisa beriktikaf sambil mendengar khotbah. Bukan hanya itu sejak melangkah kaki menuju ke masjid, pahala sudah dicatat oleh Allah.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu dia berjalan menuju salah satu dari rumah Allah (yaitu masjid) untuk menunaikan kewajiban yang telah Allah wajibkan, maka salah satu langkah kakinya akan menghapuskan dosa dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajatnya.” (HR. Muslim, no. 666)

Baca juga: Begini Keadaan Ruh ketika Malaikat Maut Mencabutnya dari Jasad Manusia

Masuk ke masjid lalu melaksanakan Shalat Tahiyatul Masjid dua rakaat sebelum duduk, pahalanya tentu akan ditambahkan lagi oleh Allah.

Saat masuk masjid sangat dianjurkan membaca doa sambil melangkah kaki kanan. Doa yang bisa diamalkan sebagai berikut:

اَللّهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Allahummaf-tahlii abwaaba rahmatika”.

Artinya:“Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu”.

 

Ketika badan sudah memasuki masjid, jangan lupa berniat iktikaf. Iktikaf adalah ibadah yang dianjurkan oleh Allah kepada Nabi-Nabi, jadi ada banyak kebaikan dan hikmah di dalamnya.

Setelah Sholat Jumat, saat keluar masjid jangan lupa membaca doa lagi. Doa ketika keluar masjid

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Allahumma innii as-aluka min fadhlika”.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu, karunia dari-Mu.”

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini