Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jessica Mila Idap Skoliosis, Kenali Sederet Penyebabnya

Vina Destya, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 12:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 620 2262649 jessica-mila-idap-skoliosis-kenali-sederet-penyebabnya-ayN5QXKXnw.jpg Jessica Mila. (Foto: Instagram/@jscmila)
A A A

BINTANG Film asal Indonesia, Jessica Mila, mengungkapkan bahwa dirinya terkena skoliosis. Jessica mengatakan bahwa kemungkinan Ia menderita skoliosis terjadi saat Ia masih duduk di bangku sekolah. Karena setelah didiagnosis, Jessica tidak merasa ada penyebab pasti.

Skoliosis yang dialami Jessica Mila merupakan kelengkungan tulang belakang dan tidak berbentuk normal. Biasanya berawal saat masa pertumbuhan atau saat-saat pubertas. Dilansir dari mayoclinic.org, sekira 3% remaja rentan menderita skoliosis.

Baca Juga: Pakai Baju Pinky, Aura Cantik Amanda Manopo Terpancar Sejagat Raya

jessica mila

Seperti yang diungkapkan oleh Jessica Mila, dirinya merasa bahwa penyebab awal skoliosis yang menimpa dirinya ini saat ini masih sekolah. Jessica mengaku dirinya duduk dengan posisi yang tidak benar. Selain itu, seringnya membawa beban berat juga menjadi salah satu faktor penyebab.

Penyebab lain dari skoliosis yaitu faktor genetik. Kebanyakan penderita skoliosis tidak mengetahui apa penyebab asalnya. Jika begini, dapat dikatakan bahwa faktor genetik menjadi salah satu penyebab kuat yang dinamakan dengan skoliosis idiopatik.

Follow Berita Okezone di Google News

Jika terjadi karena faktor genetik, besar kemungkinan orang dewasa pun akan mengalaminya. Biasanya skoliosis berkembang di punggung bagian bawah ketika piringan tulang dan sendi tulang belakang mulai aus saat memasuki usia lanjut.

Bawaan lahir juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab. Hal ini terjadi karena adanya masalah pembentukkan tulang belakang saat masih berada dalam kandungan. Hal ini bisa diketahui saat baru lahir ataupun saat memasuki masa remaja.

Baca Juga: Gantengnya Jeje Soekarno, Cicit Presiden Soekarno yang Buat Cewek Rela Rebutan

Jenis skoliosis yang disebabkan oleh masalah neuromuskular biasanya lebih parah dari jenis-jenis lain dan membutuhkan penanganan yang lebih professional. Biasanya penyebab dari skoliosis ini karena kondisi cacat lahir, distrofi otot, celebral palsy, marfan syndrome, dan down syndrome.

Bisa disembuhkan atau tidaknya skoliosis dilihat dari usia penderitanya? Operasi mungkin dibutuhkan untuk mengendalikan pertumbuhan tulang belakang. Untuk bayi ataupun balita, penggunaan brace punggung bisa dijadikan alternatif untuk menghentikan lengkungan semakin memburuk.

Sedangkan untuk dewasa, operasi biasanya dilakukan dengan perawatan agar menghilangkan rasa sakit. Karena biasanya semakin dewasa, maka penderita akan semakin tidak nyaman duduk dan berdiri terlalu lama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini