Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asik Akan Ada Subsidi Pulsa ke Siswa hingga Dosen, Ini Faktanya

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 620 2262814 asik-akan-ada-subsidi-pulsa-ke-siswa-hingga-dosen-ini-faktanya-54f6utz8sn.jpg Handphone (Huffington Post)
A A A

JAKARTA - Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) berencana memberikan subsidi pulsa ke murid, guru dan dosen. Hal itu mengingat saat masa pandemi virus corona atau Covid-19 tidak ada sistem belajar tatap muka, melainkan melalui daring.

Belajar secara daring kerap kali dikeluhkan para orang tua murid, guru dan dosen lantaran harus mengeluarkan biaya lebih untuk membeli pulsa. Melihat situasi itu , pemerintah langsung merespon dengan merencanakan pemberian subsidi pulsa terhada peserta ddik dan tenaga pengajar.

Baca juga: Erick Thohir: Siswa, Guru dan Dosen Akan Dapat Subsidi Pulsa

Berikut beberapa fakta mengenai pemberian pulsa terhadap murid, guru dan dosen yang berhasil dirangkum oleh Okezone, Jakarta, Minggu (16/8/2020).


1. Besaran Subsidi Dibahas di Kemenkeu

Menteri Keuanangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan, akan memberikan bantuan sosial di sektor pendidikan. Di antaranya, membantu pelajar dari keluarga miskin yang selama ini kesulitan melakukan kegiatan pembelajaran daring dikarenakan tidak mampunya membeli pulsa.

Baca juga: Waduh, Sri Mulyani Akui Data Bansos Belum di-Update sejak 2015

"Jadi gimana membantu masalah belajar digital di rumah atau mereka tidak bisa bayar pulsa ini tantangan baru kita sedang bahas bagaimana kita bisa bantu dalam konteks ini covid beri tantangan luar biasa," ujar Sri Mulyani dalam webinar, beberapa waktu lalu.

2. Regulasi Masih Dibahas Kemen Kominfo dab Kemendibud

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir Erick menyebut, regulasi untuk program tersebut tengah dibuat oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Keuangan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Follow Berita Okezone di Google News

"Kemarin Kominfo bersama Menteri Keuangan dan Mendikbud sedang mempelajari, apakah ada juga bantuan subsidi pulsa untuk dosen, guru, murid, semuanya. Saya, belum bisa presentasi detail karena itu masih digodok kementerian lain," kata Erick, beberapa waktu lalu.

3. Kominfo dan PT Telkom Indonesia (Persero) Sebelumnya sudah memberikan pulsa murah senilai Rp1,7 triliun

Erick mengatakan, pihak Kominfo dan PT Telkom Indonesia (Persero) sudah memberikan bantuan berupa pulsa murah senilai Rp1,7 triliun untuk mendukung kegiatan bekerja dan belajar jarak jauh via daring.

"Telkom bersama Kominfo sudah memberikan pulsa murah sebanyak Rp1,7 triliun, bahkan per bulannya untuk Telkom dan Telkomsel Rp1,4 triliun. Tapi ini kita sebagai catatan datanya ada di Kominfo," ujar Erick.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini