Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Andai Tunjuk Xavi atau Henry, Barcelona Ikut Tren Dilatih Mantan Pemain

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 16 Agustus 2020 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 16 620 2262918 andai-tunjuk-xavi-atau-henry-barcelona-ikut-tren-dilatih-mantan-pemain-CBSoo3f1i8.jpg Xavi Hernandez dan Thierry Henry sama-sama pernah berkostum Barcelona (Foto: Zimbio)
A A A

PENCARIAN Barcelona untuk pelatih baru mengerucut pada tiga nama, yakni Mauricio Pochettino, Xavi Hernandez, dan Thierry Henry. Dua dari tiga nama itu merupakan mantan pemain Blaugrana. Andai salah satu dari keduanya ditunjuk, maka mereka terkena demam yang melanda klub-klub besar Eropa.

Sebagaimana diketahui, Barcelona tengah menjaring kandidat untuk menjadi pelatih musim depan. Ada kemungkinan Quique Setien akan dicopot dari jabatannya dalam waktu dekat. Apalagi, Manajemen Barcelona hendak menggelar rapat darurat pada Senin 17 Agustus 2020 malam WIB.

Pemecatan terhadap Quique Setien tidak terlepas dari kekalahan memalukan 2-8 di Perempatfinal Liga Champions 2019-2020. Pria asal Spanyol itu bahkan sudah pasrah dengan nasibnya di Barcelona. Masuk akal apabila media-media Negeri Matador langsung mengambil spekulasi soal pengganti.

Baca juga: Thierry Henry Masuk Dalam Daftar Bursa Transfer Pelatih Barcelona

Xavi Hernandez mengasuh Al Saad di Qatar

Xavi Hernandez muncul sebagai kandidat teratas setelah Mauricio Pochettino. Pria berusia 40 tahun itu merupakan legenda klub. Ia sudah pernah menyatakan tertarik membesut Barcelona pada Januari 2020 ketika klub memecat Ernesto Valverde.

Sayangnya, manajemen saat itu malah memilih Quique Setien. Andai Xavi yang diangkat, maka Barcelona mengikuti jejak sejumlah klub besar Eropa yang juga dilatih mantan pemain. Contoh terdekat ada di Real Madrid yang mempercayakan Zinedine Zidane selaku juru taktik.

Tangan dingin Zizou mampu mengantarkan klub meraih tiga gelar juara Liga Champions dan dua La Liga Spanyol. Sampel lainnya datang dari Manchester United yang dilatih Ole Gunnar Solskjaer. Kendati belum mengantarkan Setan Merah meraih trofi, Ole sukses meningkatkan pencapaian musim lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Klub lain yang dilatih mantan pemain adalah Juventus. Sama seperti Barcelona, Si Nyonya Tua juga memecat pelatih sebelumnya, Maurizio Sarri, karena gagal di Liga Champions. Juventus lantas menunjuk Andrea Pirlo sebagai suksesor. Pria asal Italia itu pernah mengenakan kostum hitam putih pada 2011-2015.

Daftar bertambah panjang jika menghitung Frank Lampard di Chelsea dan Mikel Arteta bersama Arsenal. Nama yang disebut terakhir sukses mempersembahkan trofi Piala FA 2019-2020 buat The Gunners. Soal Arsenal, legenda klub tersebut juga masuk kandidat entrenador Barcelona, yakni Thierry Henry.

King Henry juga baru seumur jagung menjadi pelatih. Nasibnya terhitung buruk karena dipecat AS Monaco tidak lama setelah diangkat sebagai juru taktik pada 2018-2019. Thierry Henry diketahui membela Barcelona pada 2007-2010.

Mengangkat mantan pemain sebetulnya bukan hal tabu bagi Barcelona. Mereka menjalani masa keemasan ketika diasuh Pep Guardiola pada 2008-2012. Setelah itu, mereka menunjuk Luis Enrique pada 2014-2017. Sebelumnya bahkan ada Frank Rijkaard pada 2003-2008. Persamaannya, ketiga pelatih itu pernah menyumbang minimal satu trofi Liga Champions!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini