Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Hamil Positif Covid-19, Bayi dalam Kandungan Pasti Tertular?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 17:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 620 2269075 ibu-hamil-positif-covid-19-bayi-dalam-kandungan-pasti-tertular-clg8A32GCN.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Bicara mengenai ibu hamil dan risiko paparan virus corona, studi sampai saat ini meyakini bahwa proses infeksi terjadi pada bayi yang sudah lahir, bukan bayi di dalam kandungan. Proses penularan pun melalui droplet.

Timbul dua pertanyaan, pertama, apa yang terjadi pada bayi jika seorang ibu hamil terinfeksi Covid-19? Kedua, apakah bayi dalam kandungan pasti tertular Covid-19?

Menjadi informasi awal, gejala yang muncul pada pasien Covid-19 ibu hamil tak jauh berbeda dengan mereka yang tidak hamil. Gejalanya meliputi batuk, demam, sesak napas, pun pasien Covid-19 ibu hamil tanpa gejala.

Ibu Hamil Pakai Masker

Lantas, apa yang terjadi pada jabang bayi di dalam kandungan ibu hamil positif Covid-19?

Diterangkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bekasi Timur dr Nina Martini Somad, SpOG, kondisi bayi akan sangat terpengaruh dari gejala apa yang dirasakan si ibu hamil.

"Misalnya si ibu hamil gejalanya sesak napas, maka itu akan menyebabkan oksigen yang terhirup jadi berkurang dan ini berdampak langsung ke penurunan oksigen bayi di dalam kandungan," kata dr Nina pada Okezone melalui pesan tertulis, Jumat (28/8/2020).

Baca Juga : Rahasia Raisa 3 Kali Ganti Baju di Panggung, Netizen: Akhirnya Tidur Nyenyak

Bicara mengenai obat-obatan yang mesti dikonsumsi pasien positif Covid-19 ibu hamil, dr Nina menuturkan, tidak ada kekhasan dalam pemberian obat. Namun, dokter akan melihat kembali kondisi kesehatan apa yang dialami si ibu dan dari situ obat ditentukan.

"Kalau si ibu hamil positif Covid-19 itu punya komorbid, maka diperlukan tindakan cepat terhadap dampak Covid-19 terhadap penyakit komorbidnya. Jika terlambat ditangani, ini akan sangat memengaruhi kondisi bayi di dalam kandungannya," tambahnya.

Ibu hamil positif Covid-19, apakah bayi pasti tertular?

Apa mungkin virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19 bisa masuk ke dalam janin di kandungan bila si ibu dinyatakan positif Covid-19?

Diterangkan dr Nina, hal tersebut pun sampai sekarang belum ditemukan buktinya bahwa Covid-19 dapat tertular ke bayi dalam kandungan jika si ibu terkonfirmasi Covid-19. Karena itu, diperlukan studi lebih lanjut terkait dengan hal ini.

Ibu Hamil

"Yang bisa dijelaskan, hingga saat ini belum ditemukan penularan Covid-19 sampai ke air ketuban. Covid-19 juga belum terbukti dapat masuk melalui plasenta hingga menularkan bayi di dalam kandungan," ujarnya.

Jadi, potensi penularan Covid-19 pada bayi di dalam kandungan hingga saat ini masih terus diteliti. Covid-19 masih diyakini menyebar melalui droplet dari si ibu ke bayi yang sudah dilahirkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini