Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Terindikasi Covid-19, Bolehkah Beri ASI ke Bayi Usai Melahirkan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 29 Agustus 2020 08:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 29 620 2269353 ibu-terindikasi-covid-19-bolehkah-beri-asi-ke-bayi-usai-melahirkan-dsaobQBelZ.jpg Ibu terindikasi Covid-19 tak disarankan IMD (Foto : Shutterstock)
A A A

Masyarakat mesti tahu bahwa ketika seorang ibu yang hendak melahirkan dinyatakan terindikasi Covid-19, perlakukan tenaga medis kepadanya akan berbeda. Ya, dia akan menjalani perawatan dengan protokol Covid-19 mulai dari persalinan hingga usai melahirkan.

Hal itu termasuk dengan proses Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Ya, jika biasanya ibu yang baru melahirkan akan memberikan ASI kepada bayinya, pada kasus ibu dengan indikasi Covid-19, rupayanya proses IMD harus dia lewatkan.

"Pada pasien yang terindikasi Covid-19, proses IMD sesaat setelah bayi lahir tidak dapat dilakukan untuk menghindari paparan Covid-19 melalui droplet sang ibu ke bayinya yang baru lahir," papar Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Primaya Hospital Bekasi Timur, dr Nina Martini Somad, SpOG, melalui pesan tertulis yang diterima Okezone, Jumat 28 Agustus 2020.

Ibu Usai Melahirkan

Baca Juga : Ibu Hamil Terpapar Covid-19, Kondisi Ini yang Dialami si Bayi

Tidak hanya harus melewatkan momen IMD, ibu dengan indikasi Covid-19 pun mesti segera dites kembali status Covid-19-nya dengan pemeriksaan swab. Tindakan ini dilakukan sebelum atau sesudah persalinan, tergantung dari kondisi waktu hari H persalinan sang ibu. 

Hal yang harus diketahui juga ialah ibu dengan indikasi Covid-19 tidak bisa satu ruangan dengan bayinya yang baru lahir. Lalu, bayi tersebut pun akan dipisahkan dari bayi lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Bayi sang ibu yang terindikasi Covid-19 akan dipisahkan dengan bayi lainnya untuk dilakukan peninjauan kesehatan lebih lanjut," sambung dr Nina.

Nah, agar kondisi itu semua tidak terjadi, sangat diminta bagi setiap ibu hamil untuk melakukan tindakan pencegahan dan memastikan kondisi kesehatan selama kehamilan selalu baik. Karena itu, kata dr Nina, kontrol kehamilan secara rutin harus dilakukan agar semuanya bisa dikendalikan.

Ibu Usai Melahirkan

"Pencegahan yang harus dilakukan sama dengan apa yang sudah disampaikan pemerintah yaitu rutin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, jaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter, dan memastikan selalu pakai masker jika berada di luar rumah. Ibu hamil juga mesti menjaga tubuh dengan tidak memegang hidung, mulut, atau mata sembarangan," saran dr Nina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini