Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajakan Pakai Masker dengan Bahasa Daerah Indonesia, Keren Banget!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 620 2269749 ajakan-pakai-masker-dengan-bahasa-daerah-indonesia-keren-banget-e8kHnvd4Ik.jpg Ajakan pakai masker dengan bahasa daerah. (Foto: YouTube Sekretariat Kabinet)

PEMERINTAH tak pernah lelah mengingatkan masyarakat untuk disiplin pakai masker saat keluar rumah. Karena dengan menerapkan protokol kesehatan inilah, risiko penularan virus corona atau Covid-19 dapat diminimalisir.

Sejumlah studi juga telah membuktikan bahwa seseorang pakai masker memang dapat mengurangi penularan virus Covid-19 secara signifikan. Apalagi, beberapa waktu lalu, Juru Bicara sekaligus Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan virus Covid-19 terus bermutasi dan sulit diprediksi perubahannya.

Baca Juga: Manisnya Marion Jola Pakai Kaos Rp8 Juta, Netizen: Celana Ketinggalan di Rumah?

masker

Data terakhir yang dia terima, virus corona rupanya memiliki ukuran yang sangat kecil yakni, 0,1 mikron. Sehingga satu-satunya cara untuk melindungi diri dari paparannya adalah dengan pakai masker yang tepat.

Nah, belum lama ini, pemerintah melalui Sekretariat Kabinet kembali mengimbau masyarakat akan pentingnya menggunakan masker. Imbauan tersebut dibalut dalam sebuah video apik yang berisikan ajakan memakai masker dalam berbagai bahasa daerah.

Mulai dari Bahasa Betawi, Sunda, Bugis, Batak, dan masih banyak lagi. Penasaran? Berikut Okezone rangkumkan sederet ajakannya.

Mpok Muthe badannya keker, yok semuanye kita pakai masker (Betawi). Artinya: Mpok Muthe badannya kekar, ayo semuanya kita pakai masker.

Mari katong pake maskere (Ambon). Artinya: mari kita pakai masker.

Ikkeng to malebbikeng. Tabe’ aja ta’ lupai pake’ maskerta. Massediki mewai Covid-19 (Bugis). Artinya: saudara yang terkasih, jangan lupa pakai masker. Mari bersatu lawan Covid-19.

Unang lupa mamakke masker molo haruar sian jabu (Batak). Artinya: Jangan lupa pakai masker kalau keluar dari rumah.

Yuk tong hilap ngangge maskerna. Artinya: Ayo jangan lupa pakai masker (Sunda).

Dunsanak sadonyo, jan lupo mamakai masker yo (Minang). Artinya: saudara semuanya, jangan lupa pakai masker ya.

Baca Juga: 5 Tips Cegah Covid-19 bila Tetangga Terbukti Positif

masker

Bek tuwo ta pakek masker beuh, terutama untuk buet geutanyoe watee diluwa rumah (Aceh). Artinya: jangan lupa kita pakai masker ya, terutama untuk kegiatan kita sewaktu di luar rumah.

Ayo rek ojo lali gawe maskere yo (Jawa Timur). Artinya: ayo semua jangan lupa pakai masker ya.

Hayu semunyaan, jangan koler pake maskerlah (Banjar). Artinya: ayo semuanya, jangan malas pakai masker ya.

Dong pan metu umah, aja klalen di enggo maskere, ben awake dewek ora gampang kena corona (Ngapak). Artinya: jika ingin keluar rumah, jangan lupa pakai masker agar badan kita tidak mudah tertular corona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini