Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Kawal Proses Perizinan dan Keamanan Relokasi Pabrik Asing ke Indonesia

Ferdi Rantung, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 620 2270649 polisi-kawal-proses-perizinan-dan-keamanan-relokasi-pabrik-asing-ke-indonesia-r1DBYO6zjD.jpeg BKPM Minta Bantuan Polisi untuk Jaga Iklim Investasi Supaya Kondusif. (Foto: Okezone.com/Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengadakan pertemuan dengan Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) untuk membahas pendelegasian wewenang pemberian izin operasional bidang usaha jasa pengamanan. Ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan pelayanan terpadu satu pintu di bidang penanaman modal.

Pembahasan itu sesuai implementasi Inpres Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha dan tindak lanjut atas Surat Keputusan Kapolri Nomor SKEP/2536/XII/2019 mengenai pendelegasian wewenang pemberian izin operasional bidang usaha jasa pengamanan.

Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal BKPM Ikmal Lukman mengatakan, pesan Kepala BKPM untuk melakukan sinergi pengawalan perizinan dan pengamanan bagi proyek-proyek investasi di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ketua BKPM: Investor Asing Harus Libatkan Pengusaha Lokal, Tapi....

“BKPM dan Polri sudah memiliki kerja sama yang baik selama ini. Setelah adanya Inpres Nomor 7/2019, kerja sama diperluas tidak hanya untuk pengamanan investasi, namun juga di proses percepatan perizinan bagi bidang usaha jasa pengamanan,” ujar Ikmal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/9/2020)

Dia menyampaikan, tugas BKPM saat ini semakin menantang dengan adanya target mendatangkan perusahaan-perusahaan asing untuk merelokasi kegiatan usahanya ke Indonesia. Untuk itu, perizinan dan jaminan pengamanan investasi menjadi perhatian utama.

Baca Juga: Fakta-Fakta Tugas Khusus Jokowi ke Luhut, Investasi Jangan Minus

“Kami membutuhkan dukungan Polri untuk membantu menciptakan iklim investasi yang kondusif. Hal ini sangat penting bagi investor. Oleh karena itu, kami perlu meyakinkan mereka, terutama saat merayu agar merelokasikan investasinya ke Indonesia,” tambah Ikmal.

Sementara itu, Komjen Pol Agus Andrianto menegaskan bahwa Polri tunduk dan patuh menjalankan Inpres 7/2019. Bahkan Kapolri telah menindaklanjutinya dengan membuat Keputusan Kapolri Nomor SKEP/2536/XII/2019.

"Saya perintahkan semua perizinan terkait jasa pengamanan di Korbinmas Polri diserahkan ke BKPM, termasuk proses SIO BUJP (Surat Izin Operasional Badan Usaha Jasa Pengamanan), karena semua proses izin kan sudah diurus dari wilayah. Karena perintah dari Bapak Kapolri sudah seperti itu, masa kita bawahannya mau melawan perintah pimpinan tertinggi di Polri," kata Komjen Pol Agus.

Follow Berita Okezone di Google News

Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto menegaskan, bahwa Polri akan selalu mendukung kebijakan pemerintah terutama dalam rangka percepatan perizinan berusaha.

"Polri mendukung penuh program pemerintah untuk menjadikan BKPM satu-satunya tempat pengelolaan perizinan karena salah satu fungsi pemerintah adalah mensejahterakan rakyat," ungkap Komjen Pol Agus.

BKPM dan Polri sebelumnya telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Bantuan Pengamanan dan Penyelesaian Permasalahan di Bidang Penanaman Modal saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi di Jakarta pada 20 Februari 2020. Nota Kesepahaman ini sebagai wujud komitmen jaminan kepastian hukum, keamanan, dan kenyamanan kepada investor.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini