Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Vettel Kembali Mengeluh Sulitnya Kendarai Mobil Ferrari

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 06:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 620 2272944 vettel-kembali-mengeluh-sulitnya-kendarai-mobil-ferrari-fLgjMnzmKW.jpg Sebastian Vettel melaju dengan SF1000 (Foto: Scuderia Ferrari)
A A A

MONZA – Performa buruk Scuderia Ferrari terus berlanjut hingga ke seri Formula One (F1) GP Italia 2020 akhir pekan ini. Salah satu pembalapnya, Sebastian Vettel, menyebut mobil SF1000 sangat sulit dikendalikan usai menjalani dua sesi latihan bebas (FP) di Sirkuit Autodromo Nationale Monza, Jumat 4 September 2020 sore WIB.

Ini bukan pertama kalinya Sebastian Vettel mengeluhkan performa SF1000. Hampir di setiap balapan, pria asal Jerman itu mengungkapkan kelemahan dari jet darat tersebut. Mobil disebut tidak punya laju kencang, tidak seimbang, serta sulit diajak bermanuver lincah di tikungan.

Bukti sudah terpampang nyata pada F1 GP Belgia 2020 pekan lalu. Sebastian Vettel hanya bisa finis di peringkat 14, sementara rekan setimnya, Charles Leclerc setingkat lebih baik. Padahal, pria asal Monaco itu adalah pemenang F1 GP Belgia 2019.

Baca juga: Vettel Akui Bakal Sulit Raih Hasil Manis di F1 GP Italia 2020

Sebastian Vettel dan Charles Leclerc sulit mengeluarkan potensi mobil (Foto: Scuderia Ferrari)

Upaya untuk memperbaiki mobil dari sisi aerodinamika sudah dicoba oleh Scuderia Ferrari. Akan tetapi, hasil pengembangan belum juga menunjukkan peningkatan signifikan. Sebastian Vettel kembali menjabarkan betapa SF1000 tertinggal jauh dari para pesaing.

“Mobil sangat sulit untuk dikendarai. Seperti yang saya katakan, ini bukan pertama kalinya. Di mana kekurangannya? Di trek lurus kami tidak sekencang yang diharapkan. Namun, dari segi yang kami inginkan meningkat, mobil kurang memiliki daya cengkeram ketika hendak masuk tikungan,” urai Sebastian Vettel, dikutip dari Crash, Sabtu (5/9/2020).

“Keempat ban terasa lebih licin. Memang hanya gangguan kecil, tetapi sulit untuk membuat segalanya berada dalam kondisi yang bagus, untuk mencatat waktu yang cepat. Namun, kami mencoba memperbaikinya untuk sesi berikut,” imbuh pria berusia 33 tahun itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Hasil dua sesi latihan bebas F1 GP Italia 2020 sudah cukup menjadi bukti. Di sirkuit yang membutuhkan tenaga mesin besar itu, Sebastian Vettel hanya finis di urutan 19 pada FP1, sedangkan pada FP2 naik tujuh posisi. Sedangkan Charles Leclerc di peringkat 11 (FP1) dan sembilan (FP2).

Pada FP1, catatan waktu terbaik yang dibukukan Sebastian Vettel hanya 1 menit 22,988 detik. Torehannya itu terpaut dua detik lebih lambat dibandingkan pembalap tercepat, Valtteri Bottas, 1 menit 20,703 detik. Sedangkan pada FP2, ia berhasil menajamkan catatan waktu menjadi 1 menit 21,733 detik, atau terpaut hanya 1,6 detik dari Lewis Hamilton.

Dari dua sesi latihan bebas tersebut, Sebastian Vettel tampaknya harus bersiap menjalani pekan yang sulit lagi. Sejumlah pengamat memprediksi duo Scuderia Ferrari tidak akan bisa masuk babak tiga kualifikasi F1 GP Italia 2020, yang akan berlangsung Sabtu (5/9/2020) malam WIB.

Untung saja, F1 GP Italia 2020 dilangsungkan tanpa kehadiran penonton. Bisa dibayangkan betapa kecewanya puluhan ribu tifosi Scuderia Ferrari melihat performa menyedihkan dari tim kesayangannya, pada balapan kandang!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini