Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tegur Keras 53 Petahana Pelanggar Protokol Kesehatan, Mendagri Tito Berharap Efek Gentar

Dita Angga R, Jurnalis · Selasa 08 September 2020 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 620 2274537 tegur-keras-53-petahana-pelanggar-protokol-kesehatan-mendagri-tito-berharap-efek-gentar-YRvq9ebtxf.jpg Mendagri Tito Karnavian. Foto: Avirista Midaada-Okezone

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pihaknya telah menegur bakal calon kepala daerah petahana yang melanggar protokol kesehatan dalam tahapan Pilkada Serentak 2020.

Dia menegaskan bahwa sebagaimana asas fiksi dalam hukum bahwa semua orang dianggap tahu setelah diundangkannya suatu aturan. Termasuk dalam hal ini adalah pelaksanaan protokol kesehatan.

“Kemendagri punya akses punishment kepada kontestan yang petahana. Hari ini sudah 53 kepala daerah petahana yang ikut berkontestasi dan melakukan kerumunan sosial, itu kami berikan teguran,” ujarnya seusai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (8/9/2020).

“Teguran, ini nanti implikasinya ada. Tolong disampaikan ini bahwa mendagri memberikan teguran keras 53 petahana,” tambah Tito.

Baca Juga: Ungkap Penyebab Bapaslon Langgar Protokol Kesehatan, Mendagri: Salah Satunya Ingin Unjuk Kekuatan

Namun dia mengatakan tidak bisa menjatuhi sanksi kepada bakal calon kepala daerah non-petahana atau non-incumbent. Dia mengatakan bahwa hal tersebut bukan menjadi kewenangannya.

“Kemendagri tidak punya akses untuk memberikan sanksi kepada mereka. Untuk itulah Bawaslu sudah melakukan. Bawaslu daerah sudah melakukan penegaran pada mereka,” ujarnya.

Dia mengatakan bahwa sanksi teguran penting untuk memberikan efek gentar atau detterence effect. Dia mengatakan jangan sampai para pasangan bakal calon menganggap bahwa pelanggaran terhadap protokol kesehatan bukanlah masalah.

“Jangan sampai yang sudah berlangsung ini mereka anggap ga ada masalah. Mereka harus tahu bahwa ini bermasalah, mereka melanggar,” tegasnya.

Baca Juga: Ditegur Melanggar Protokol Kesehatan, Kini Bupati Muna Barat Positif Corona 

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini