Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lombok Sabet Penghargaan Wisata Terbaik Asia, Coba Jelajahi Gunung hingga Air Terjun di Sana

Wiji Adinda Putri, Jurnalis · Sabtu 12 September 2020 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 12 620 2276668 lombok-sabet-penghargaan-wisata-terbaik-asia-coba-jelajahi-gunung-hingga-air-terjun-di-sana-Rp26PvsjxN.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SEBAGAI destinasi wisata terbaik Asia 2020 dengan urutan ke-16, Lombok selalu punya cara tersendiri untuk dinikmatinya. Tak hanya dengan menikmati perairannya yang terkenal begitu cantik sejauh mata memandang, namun alam tersembunyi lainnya juga enggak kalah istimewanya.

Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Lombok, banyak cara untuk menikmati setiap inci surga yang dimiliki oleh Pulau Seribu Masjid tersebut. Dilansir Okezone dari The Culture Trip, berikut ini ada empat aktivitas yang dapat dilakukan untuk melihat surganya Pulau Lombok. Simak yuk!

Mendaki

mendaki

Memiliki gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, menjadikan destinasi wisata Lombok semakin terasa istimewa. Yap Gunung Rinjani ! gunung berapi yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter dpl. Menawarkan keindahan hamparan Pulau Lombok bagian Utara bagi para pendakinya.

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun Perawan di Bali nan Instagramable

Salah satu sisi di bagian Barat Gunung Rinjani, terdapat kaldera atau layaknya kawah yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan vulkanik. Di kaldera terdapat danau kawah yang dinamakan Segara Anak, yang artinya anak laut. Memiliki kedalaman sepanjang 230 meter, biasanya akan dijadikan sebagai tempat bermalam pendaki saat di tengah perjalanan menuju puncak.

Memang segala apapun yang terbaik kalau ingin didapatkan harus melalui sebuah perjuangan. Banyak track yang menantang untuk dilewatkan, seperti hutan hujan lebat, sabana kering, hingga bebatuan yang terjal. Namun jangan khawatir, namanya saja gunung tertinggi kedua di Indonesia, tentu pemandangan yang akan didapatkan selama perjalanan hingga tiba di puncak akan sangat membayar segala lelah yang kita korbankan.

Tapi tenang saja Okezoners, kalau belum terbiasa untuk mendaki gunung bisa mencoba beberapa perbukitan yang enggak bakal kalah indahnya sama pemandangan Rinjani. Terdapat beberapa bukit terkenal di Pulau Lombok, antara lain Bukit Pergasingan, Bukit Nanggi, Bukit Sempana, dan masih banyak yang lainnya.

 

Mengintip pulau-pulau

Siapa yang tidak mengetahui Gili Trawangan? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia ataupun mancanegara pasti mengenal salah satu pulau kecil yang terdapat di sebelah Barat Lautnya Lombok. Tak hanya Gili Trawangan, terdapat 2 gili lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Air, yang masing-masing memiliki ciri khas dan keistimewaan masing-masing. Gili Trawangan memang sebagai pulau yang terbesar dibandingkan 2 gili lainnya. Terkenal dengan sebutan ‘Pulau Pesta’ karena memiliki perkembangan untuk wisatawan yang lebih paling berkembang, lengkap, dan punya daya tarik yang memikat banyak wisatawan muda. Dinamakan “pesta” juga karena biasanya selalu ada rotasi perputaran acara tiap malamnya, jadi tidak akan pernah sepi.

Selanjutnya ada Gili Meno, yang terkenal dengan kawasan wisata bahari. Selain itu juga memiliki julukan sebagai tempat “pelarian romantis atau bulan madu”. Sebab di antara yang lainnya, gili ini termasuk yang paling tenang dan tentram. Sehingga bagi yang ingin menghabiskan waktu berduaan atau sekedar menenangkan pikiran atas penat aktivitas yang padat, tempat ini yang paling cocok untuk dikunjungi. Terakhir ada Gili Air, tidak paling damai atau paling ramai juga. Melainkan kombinasi dari dua gili sebelumnya. Fasilitas yang terdapat di sini terbilang lengkap namun tetap memiliki nuansa yang damai.

Baca Juga: Bali Destinasi Terbaik Asia 2020, Ini 12 Protokol Berwisata ke Pulau Dewata di Masa Covid-19

Untuk menikmati ketiga gili tersebut banyak aktivitas air yang bisa dilakukan, seperti snorkeling, diving, surfing, paddleboard, atau sekedar bersepeda di pesisirnya.

Aktivitas air

Banyak spot bagus di Pulau Lombok sendiri untuk dinikmati dengan cara menyelam atau sekadar snorkeling. Salah satu tempat paling terkenal untuk kegiatan air tersebut ada di The Magnet, yang letaknya berada di Teluk Belongas, Pantai Selatan. Ataupun juga bisa melakukannya di beberapa pulau-pulau kecil seperti ketiga gili, Gili Trawangan, Gili Nemo, dan Gili Air. Pada kawasan Sekotong, Semenanjung lepas Pantai Barat Daya juga terdapat beberapa pulau kecil yang memiliki keindahan bawah laut seperti terumbu karang yang masih sangat alami.

Selain snorkeling dan diving, Anda juga bisa melakukan kegiatan berselancar. Seperti diketahui bahwa Lombok merupakan salah satu yang memiliki ombak dengan tingkat kelas dunia, dan tersedia untuk setiap level (pemula hingga profesional). Terdapat beberapa yang terkenal untuk dijadikan spot berselancar, antara lain Desert Point, Mawi, Kuta, Gerupuk, Teluk Ekas, dan lainnya.

Menjelajahi air terjun

Waterfall atau air terjun sebagai salah satu destinasi wisata bagi yang ingin merileksasi fikiran maupun tubuhnya. Sebagian besar pulau terjun di Pulau Lombok terdapat di bagian Utara, dengan yang paling terkenal adalah Tiu Kelep. Dalam perjalanan menuju ke air terjun fenomenal tersebut, wisatawan akan dimanjakan dengan sejuknya pepohonan serta air terjun Sendang Gile. Jadi sekali jalan, dua air terjun terlampaui. Keren banget pokoknya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini