Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wishnutama Harap Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Disiplin Patuhi Protokol Kesehatan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 13 620 2277106 wishnutama-harap-pelaku-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif-disiplin-patuhi-protokol-kesehatan-Fmk4MOYq7g.JPG Menparekraf RI, Wishnutama (Foto: Setkab RI)
A A A

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio menegaskan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif harus tetap mendapat ruang untuk produktif bahkan saat dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Wishnutama mengatakan, rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk kembali memberlakukan PSBB dapat dipahami meski hal tersebut berdampak besar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Kami sangat memahami keputusan yang diambil dalam pemberlakuan kembali PSBB sebagai upaya pengendalian terhadap penyebaran virus Covid-19," kata Wishnutama dalam siaran pers yang diterima Okezone, Minggu (13/9/2020).

Dia menambahkan, pemberlakuan PSBB total tentu akan memiliki dampak yang besar, termasuk terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih saat ini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pelan-pelan sedang berupaya untuk bangkit.

Untuk itu, dirinya meminta pihak terkait termasuk pemerintah daerah agar tetap memberikan ruang bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk produktif.

Baca juga: Wisatawan Bali Capai 5.000, Meningkat Tinggi dari 900 Orang

"Saya berharap sektor dan pelaku usaha di bidang pariwisata dan Ekraf yang selama ini telah berupaya melaksanakan protokol kesehatan dengan baik agar tetap diberikan 'ruang' untuk tetap melakukan usahanya, karena sektor pariwisata dan Ekraf ini adalah yang paling terpuruk karena dampak pandemi ini," tuturnya.

"Terutama bagi mereka yang sebelumnya telah benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan baik," imbuh dia.

Dalam hal ini, Wishnutama juga menekankan pentingnya kesadaran dan tanggung jawab dari masyarakat dan seluruh pihak dalam penerapan protokol kesehatan agar PSBB segera selesai, dan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif benar-benar bangkit.

Follow Berita Okezone di Google News

Oleh karenanya, Kemenparekraf akan terus mendorong penerapan protokol kesehatan sekaligus menyiapkan dan mendampingi para pelaku parekraf untuk bangkit pascapandemi.

Termasuk penerapan protokol kesehatan berbasis CHSE, serta terus mengkampanyekan Indonesia Care untuk mengimplementasikan protokol kesehatan sekaligus verifikasi guna menghadirkan destinasi yang bersih, sehat, aman, dan lingkungan yang lestari.

"Kemenparekraf akan terus berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait dan industri akan terus menyiapkan program yang akan memudahkan industri dan pelaku bertahan dan bangkit dari situasi pandemi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini