Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko Luhut Minta Pemda Siapkan Pusat Karantina Pasien Covid-19

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 620 2279162 menko-luhut-minta-pemda-siapkan-pusat-karantina-pasien-covid-19-njlsI2S364.jpg Menko Luhut Minta Pemda Persiapkan Tempat Karantina. (Foto: Okezone.com)
A A A

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan meminta Pemerintah Daerah (Pemda) menjelaskan detil rencana pembangunan pusat-pusat karantina untuk isolasi pasien terinfeksi Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan.

"Ini penting untuk menghindari isolasi mandiri di rumah yang dapat menularkan penyakit kepada keluarga yang lain,” ujar Luhut, dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga: Pemkot Bekasi Larang Warganya yang Positif Covid-19 Lakukan Isolasi Mandiri

Dia pun memantau upaya-upaya pencapaian target dan rencana operasi untuk menangani Covid 19 di keempat provinsi yang termasuk penyumbang terbanyak jumlah kasus positif di Indonesia.

“Saya ingin penerapan disiplin protokol kesehatan untuk perubahan perilaku dipertegas pelaksanaannya, lalu harus ada penurunan penambahan kasus harian, peningkatan angka kesembuhan, penurunan angka kematian dan penurunan angka kematian per total populasi,” jelasnya.

Baca Juga: Pasien Covid-19 yang Jalani Isolasi Mandiri Dipindahkan ke RS Rujukan

Dia meminta masing-masing Kabupaten dan Kota untuk memberikan data-data yang menunjukkan variable jumlah kasus, kesembuhan, dan tingkat kematian.

“Saya minta detil mengenai masing-masing kluster penyebaran yang diklasifikasikan menjadi beberapa sub kluster besar yaitu perkantoran, keluarga, pasar, maupun titik-titik keramaian yang lain,” bebernya.

Follow Berita Okezone di Google News

(fbn)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini