Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Alasan Masker Scuba dan Buff Dilarang Digunakan di KRL

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 620 2279195 ini-alasan-masker-scuba-dan-buff-dilarang-digunakan-di-krl-3YzCVHy7NF.jpg (Foto: Shutterstock)
A A A

Beberapa hari lalu, PT KCI (Kereta Commuter Indonesia) mengeluarkan aturan untuk menghindari pemakaian masker scuba dan buff. Hal ini ditulis dalam unggahan PT KCI di akun Instagram resminya.

"Hindari pemakaian masker scuba atau buff yang hanya 5% efektif dalam mencegah risiko terpaparnya akan debu, virus, dan bakteri," tulis PT KCI dalam akun Instagram @commuterline yang dikutip Okezone pada Kamis (17/9/2020).

Dijelaskan di situ, masker scuba tidak cukup efektif untuk menghalau virus saat digunakan. Selain masker scuba, masker buff pun tidak disarankan untuk dipakai di dalam kereta yang notabenenya selalu ramai.

Sementara itu, dalam unggahan tersebut pun diterangkan jenis masker lain dan efektivitasnya dalam menangkal virus. Seperti masker N95 punya efektivitas 95 hingga 100 persen, masker bedah (80-95%), masker FFP1 (80-95%), dan masker bahan 3 lapis (50-70%).

Hal tersebut juga didukung oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Ia memberikan tanggapannya terkait dengan larangan penggunaan masker scuba atau buff di kereta rel listrik (KRL).

“Jadi, masker ini adalah salah satu cara pencegahan yang digunakan untuk mencegah penularan Covid-19. Kita pahami ini semua dengan baik. Dan semua masyarakat terutama yang ada di daerah publik, berinteraksi dengan orang lain, harus menggunakan masker,” katanya saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (15 September 2020).

Menurut Wiku, masker scuba atau buff adalah masker yang sangat tipis. Sehingga kemungkinan virus menembus masker tersebut lebih besar.

 Masker scuba tidak cukup efektif untuk menghalau virus saat digunakan.

Baca juga: Cegah Rotavirus Sejak Dini, Jangan Lupa Vaksin Ya

“Sedangkan masker scuba atau buff, ini adalah masker dengan satu lapis saja dan terlalu tipis. Sehingga kemungkinan untuk tembus, tidak bisa menyaring lebih besar. Maka disarankan menggunakan masker yang berkualitas untuk menjaga,” ujarnya.

Di sisi lain, Wiku juga menambahkan bahwa menggunakan masker scuba yang tidak mematuhi aturan standar dapat membuat fungsi masker tersebut menjadi hilang. Mengingat bahan yang digunakan untuk membuat masker scuba mudah melar.

“Selain itu, masker scuba sering mudah untuk ditarik ke bawah, ke dagu. Sehingga fungsi masker jadi hilang. Maka dari itu, gunakan masker dengan cara yang tepat untuk melindungi dan menutup area batang hidung, hidung, sampai mulut dagu dan rapat di pipi,” tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini